Info lengkap: Obyek Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan salah satu obyek wisata terfavorit di Jogjakarta. Khususnya bagi anda yang berwisata bersama dengan sang buah hati. Disini, buah hati anda tak hanya dapat bermain, tapi sekaligus juga bisa belajar.

Tempat ini secara resmi dibuka pada bulan Desember 2008, oleh Presiden RI ke 6, Bapak Ir. Susilo Bambang Yudhoyono. Pemerintah Kota Yogyakarta mengharapkan agar dengan dibangunnya Taman Pintar ini, bisa dimanfaatkan sebagai media science bagi siswa semenjak usia dini, sehingga kreatifitas yang dimiliki semakin berkembang.

Dengan demikian, pemerintah berharap, agar generasi muda kita bukan hanya bisa menjadi penonton ditengah kemajuani teknologi yang ada, namun mereka di tuntut untuk bisa menciptakan teknologi sendiri, yang bisa bermanfaat.

Daya Tarik Objek Wisata Taman Pintar Yogyakarta

  • Kombinasi Sarana Rekreasi Dan Edukasi Dalam Satu Lokasi

Di tempat ini terdapat pembagian zona yang berbeda antara sarana edukasi dan area bermain, Wahana pendidikan dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang mampu mendorong daya imajinasi anak agar lebih berkembang juga meningkatkan ketertarikan mereka kepada teknologi.

  • Playground

Merupakan ruang publik dan penyambutan bagi pengunjung. Disini disuguhkan berbagai macam alat peraga yang menyenangkan untuk anak dan keluarga. Dan asyiknya lagi, semua itu bisa diakses secara gratis.

  • Gedung Paud Barat dan Timur

Menampilkan beberapa alat peraga serta permainan edukasi khususnya untuk anak-anak pra-Tk dan Tk

  • Gedung Oval

Berisi beberapa alat peraga yang berbasis sains edukasi yang dikemas menyenangkan dan dapat diperagakan serta diakses oleh semua pengunjung

  • Gedung Memorabila

Berisi beberapa alat peraga tentang ilmu pengetahuan sejarah Indonesia seperti sejarah Paku Alaman dan Kasultanan jogja, sejarah beberapa Tokoh-Tokoh Pendidikan dan Presiden RI sejak awal hingga kini

  • Planetarium

Menampilkan alat-alat peraga berupa pertunjukan film edukasi tentang antariksa dan tata surya.

Lokasi Wisata Taman Pintar Jogja

Tidak terlalu sulit untuk bisa mengunjungi Taman Pintar, letaknya yang berada di pusat kota Yogyakarta memudahkan para wisatawan untuk bisa mengunjunginya. Yakni tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati no 1-3,  atau sekitar 200an meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro.

Baca juga: Inilah 4 Pesona Obyek Wisata Goa Jomblang Yogyakarta Yang Luar Biasa

Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Tiket masuk ke Taman Pintar sangat terjangkau. Mulai dari 10ribuan bagi anak-anak dan untuk pengunjung dewasa hanya dengan 18.000 saja. Namun perlu diketahui, untuk beberapa wahana tertentu, diharuskan untuk membeli tiket lagi jika ingin menontonnya. Misalnya beberapa wahana dibawah ini.

  • Wahana teather 3D

Untuk pelajar yang membawa rombongan minimal 20 orang, maka harga tiket  yang diberlakukan adalah 15ribu, sedangkan bagi pengunjung umum lebih besar sedikit yaitu 20ribu rupiah.

  • Program Kreativitas

Untuk program Kreasi Batik, Kreasi Gerabah dan Hand On Science harga tiket bagi anak-anak dan dewasa hanya 5.000 rupiah saja, bagi anda yang suka melukis maka terdapat wahana lukis kaos bagi anak-anak, yang bisa dimasuki dengan biaya 30ribuan. Nah sedangkan bagi pengunjung dewasa, anda perlu mengeluarkan uang 40ribu untuk bisa menjajal kreativitas anda di dalam bidang lukis melukis.

Di tempat ini juga terdapat ajang latihan menjadi presenter serta lukis gerabah, cukup dengan mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah saja maka anda sudah bisa mencoba bakat menjadi seorang presenter.Dan selain diatas, masih ada beberapa wahana lagi yang membutuhkan tiket tambahan.

Fasilitas yang Ada di Wisata Taman Pintar Jogja

Tempat ini sudah memiliki fasilitas umum yang terbilang lengka, mulai dari toilet, tempat ibadah, cafe/restoran, serta dekat dengan penginapan.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *