Wisata Pulau Umang, Satu di antara Tujuh Keajaiban Banten yang Mempesona

Sebagaimana kita tahu, Banten menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan pesona tersendri. Tak heran kalau selama ini Banten digadang memiliki daya saing untuk berkompetisi dengan beberapa provinsi lain yang unggul dalam bidang wisata, semisal Bali, Lombok, ataupun Yogyakarta.

Banten menyimpan banyak tempat wisata dengan keindahannya masing-masing. Hal tersebut kemudian memunculkan istilah 7 Keajaiban Banten yang cukup populer dikalangan wisatawan. Ketujuh tempat tersebut yakni Suku Baduy, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau, Banten Lama, Pulau Sangiang, Rawadono, dan Pulau Umang.

Nah, bicara tentang 7 keajaiban Banten tersebut, kali ini kami mengulas salah satu dari deretan wisata diatas, yaitu Pulau Umang.

Lokasi Pulau Umang

Lokasi Pulau Umang ini tepatnya berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasi ini berjarak kurang lebih 183 kilometer dari pusat Kota Jakarta dan membutuhkan waktu tempuh sekitar lima hingga enam jam.

Rute Menuju Pulau Umang

Untuk menuju lokasi Pulau Umang, Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Jakarta. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan melewati Tol Kebun Jeruk dan menuju ke Merak, lalu keluar melalui pintu Tol Serang Timur pada kilometer 71. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Pandeglang sampai tiba di Labuan. Setelah itu, Anda dapat melewati Taragong, Citeurup, Cigeulis, hingga ke Cibalung dan Cimanggu. Berikutnya, Anda akan memasuki wilayah Kecamatan Sumur. Perjalanan kemudian akan Anda tempuh menggunakan speed boat untuk menuju ke lokasi Pulau Umang. Perjalanan dari Kecamatan Sumur ke Pulau Umang ini hanya akan membutuhkan waktu lima hingga delapan menit saja.

Tiket Masuk Pulau Umang

Untuk memasuki kawasan Pulau Umang, Anda akan diminta membayar biaya retribusi sebesar Rp 100.000,00 per orang. Biaya ini akan Anda bayarkan saat berada di sekitar satu kilometer dari Kecamatan Sumur. Biaya retribusi tersebut sudah mencakup biaya tiket masuk serta biaya penyeberangan menggunakan speed boat.

Daya Tarik Wisata Pulau Umang

Pulau dengan luas lima hektar ini dikelola oleh pihak swasta dengan mengusung konsep “Living and Nature”. Pulau Umang kemudian menjadi sebuah resort dan spa yang memiliki keindahan dan banyak aktivitas menarik. Saat menyeberang menuju Pulau Umang menggunakan speed boat, Anda sudah dapat menyaksikan keindahan Pulau Umang dari kejauhan.  Dari jauh, Anda akan melihat sebuah bangunan cottage yang berdiri megah. Bangun ini berbentuk seperti cangkang dan menjadi simbol atau identitas dari Pulau Umang itu sendiri. Mengapa indentitas Pulau Umang berbentuk cangkang? Umang merupakan nama yang diambil dari bahasa Jawa kecomang atau umang-umang yang memiliki arti sebagai binatang laut bercangkang.

Pulau Umang memiliki pasir pantai berwarna putih yang bersih dan lembut. Selain itu, air di Pulau Umang ini cenderung jernih dan berwarna kebiru-biruan. Ombak di Pulau Umang juga lumayan tenang. Beberapa gazebo juga tampak di sekitar pinggir Pulau Umang. Di berbagai sudut Pulau Umang juga tumbuh beberapa pohon yang rindang. Pulau Uamng ini akan menjadi sangat indah ketika sunrise dan sunset. Anda dapat menyaksikan keindahan Pulau Umang yang berpadu dengan keindahan warna langit saat pergantian hari.

Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Pulau Umang

Pasir pantai di Pulau Umang yang terhampar di sepanjang tepi pulau ini dapat Anda manfaatkan untuk bermain pasir, bermain voli pantai, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri tepi pulau sambil menikmati keindahan Pulau Umang.  Selain itu, airnya yang jernih dan ombaknya yang tenang akan menjadikan lokasi Pulau Umang ini aman untuk digunakan berenang dan snorkling.

Jika Anda ingin melakukan snorkling, maka Anda harus menuju Pulau Oar terlebih dahulu. Untuk menuju ke sana, Anda perlu menyeberang ke dermaga Pulau Oar selama sepuluh menit menggunakan boat yang berkapasitas maksimal sepuluh orang.

Aktivitas lain di Pulau Umang yang dapat Anda lakukan di antaranya bermain jet ski, menaiki banana boat, menaiki donut boat, atau bahkan mendayung canoe. Anda juga dapat mengajak anak kecil bermain beberapa permainan, seperti trambolin dan ayunan.

Fasilitas yang Ada di Obyek Wisata Pulau Umang

Pulau Umang menyediakan beberapa fasilitas bagi para pengunjung. Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air laut, Pantai Umang juga menyediakan beberapa tempat penyewaan alat seperti canoe, jet ski, banana boat, donut boat, dan peralatan snorkling. Anda dapat menyewa canoe dengan harga Rp 150.000,00 selama 30 menit. Jet ski, banana boat, dan donut boat disewakan dengan harga Rp 250.000,00 untuk 12 menit. Sedangkan peralatan snorkling dapat disewa dengan harga Rp 85.000,00 per jam.

Pulau Umang juga menyediakan tempat bermain anak bagi pengunjung yang membawa serta anak-anaknya untuk berlibur. Ada beberapa sarana bermain anak, seperti kids pool area untuk berenang, trambolin, ayunan, voli pantai, tempat outbound, dan camping ground.

Bagi para pengunjung yang ingin menginap, pengelola Pulau Umang telah menyediakan penginapan yang di dalamnya terdapat 60 kamar hotel bintang tiga yang menggunakan gaya tropis. Fasilitas di tiap kamar dapat dikatakan lengkap karena sudah tersedia kamar mandi pribadi, televisi, air conditioning (AC), lemari es, dan sebagainya.

Pulau Umang juga menyediakan suite room yang memiliki lantai berupa papan kayu. Ruang tamunya terbuka dengan teras yang menghadap ke kebun mint dan di bagian belakang ada pemandangan laut yang indah.

Selain itu, di lokasi Pantai Umang juga menyediakan beberapa gazebo yang berada di tepi pantai. Anda dapat menggunakan gazebo tersebut untuk beristirahat ataupun menikmati pemandangan laut Pulau Umang.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *