Tips dan Info Terkini: Obyek Wisata Pasar Baru Bandung

Bandung, kota yang diklaim sebagai surganya fashion ini tidak pernah berhenti memberikan kepuasan dan kemudahan dalam berbelanja. Jadi tak heran jika Bandung dijuluki juga sebagai kota Mode, karena sesuai faktanya, di kota ini beragam pakaian trendy nan modis bisa kita dapatkan dengan mudah.

Dan salah satu lokasi yang sangat rekomended bagi anda yang ingin puas berbelanja busana adalah di pasar Baru Bandung.  Di pasar ini layaknya obyek wisata, karena kebanyakan pengunjungnya adalah para wisatawan dari luar Bandung.

Lokasi dan Sejarah Pasar Baru Bandung

Percaya tidak percaya, pasar yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung ini bisa dibilang sebagai pasar modern tertua di kota Bandung. Faktanya, pasar ini sudah berdiri sejak tahun 1884, atau pada zaman Belanda. Pasar legendaris ini terletak tidak jauh dari Jalan Asia Afrika, sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

Munurut sejarahnya, pasar Baru Bandung ini bernama Pasar Baroeweg. Pasar ini dibangun Belanda untuk menggantikan Pasar Tjigoeriang yang hangus terbakar pada Desember 1842 dalam peristiwa Munada.

Pada tahun 1906, Pasar Baroeweg mulai berkembang sehingga dibangunlah berbagai gerai mulai dari depan hingga belakang pasar. Sampai pada tahun 1930-an, bangunan pasar ini dibuat secara permanen dan bertingkat.

Dan menuju pada masa pasca kemerdekaan Indonesia, di tahun 1970, nama Pasar Baroeweg ini diganti menjadi Pasar Baru Bandung dan menjadikannya sebagai pasar modern pertama yang berada di Bandung. Namun meski disebut sebagai pasar modern, pasar ini masih banyak mempertahankan nuansa tradisional yang sudah menjadi ciri khasnya sejak dahulu.

Kondisi  Terkini Pasar Baru Bandung

Di pasar Baru Bandung ini terdapat beragam jenis toko dari yang melayani ecer sampai grosir. Terdapat banyak toko yang menyediakan aneka produk fashion, mulai dari baju anak, sampai baju-baju muslim juga aksesoris seperti sepatu, kacamata, tas dan masih banyak lagi.

Di pasar ini tersedia juga berbagai alat elektronik untuk menunjang kebutuhan masyarakat sehari-hari. Selain itu tidak ketinggalan terdapat lantai dimana pengunjung dapat bersantai sejenak untuk menikmati sederet makanan khas Jawa Barat seperti dodol, oncom, tempe dan sejumlah kuliner khas lainnya.

Jam Buka Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung atau yang juga disebut Pasar Baru Trade Center Bandung ini mulai beroperasi pada pukul 07.00 WIB dan rata-rata sudah tutup pada pukul 17.00 WIB.

Tips Berbelanja di Pasar Baru Trade Center  Bandung

  • Lebih baik Anda berangkat lebih pagi jika ingin tiba cepat dan tidak terjebak kepadatan lalu lintas karena jalan menuju pasar ini dikenal rawan macet.
  • Dalam membeli kebutuhan, sebaiknya lakukan dengan santai dan jangan tergesa-gesa. Lakukan negosiasi dengan penjual atau bahkan jangan terburu-buru membeli barang karena bisa jadi toko lainnya menawarkan barang dengan harga yang lebih rendah.
  • Tetap perhatikan keamanan barang bawaan Anda, tentu Anda suadah tau bahwa lokasi seperti ini memiliki tingkat rawan copet yang tinggi sehingga tetap amankan sendiri barang Anda.
  • Jika pergi berbelanja bersama Anak kecil, usahakan untuk tidak terpisah karena akan sangat memberatkan Anda jika sampai terpisah dengannya. Maka lebih baik tidak perlu mengajak si kecil ketika berbelanja.

Read also: Info Lengkap: Tempat Wisata Curug Dago Bandung

Nah itulah diatas informasi mengenai Pasar Baru Bandung atau Pasar Baru Trade Center Bandung. Untuk anda yang sedang berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan mampir ke pasar ini.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *