Wisata Pantai Tanjung Lesung, Hidden Paradise di Pandeglang Banten

Pantai Tanjung Lesung menjadi salah satu pantai di Provinsi Banten yang tidak kalah menawan bila dibanding pantai-pantai lain yang lebih populer. Pantai Tanjung Lesung ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi di Banten. Mengapa? Karena memang faktanya, akses ke obyek wisata Pantai Tanjung Lesung berada cukup jauh dari perkotaan.

Namun bergitu, jangan pernah meragukan keindahan dan kebersihan Pantai yang satu ini. Bisa dibilang, pantai ini eksklusif karena berada di kawasan Tanjung Lesung Resort dan dikelola secara profesional oleh Jababeka. Sehingga tak heran pantai Tanjung Lesung memiliki beach club dan banyak fasilitas menarik yang membuat betah para pengunjung.

Dan saking mempesonanya, bagi warga Ibu kota dan sekitarnya, pantai ini dikatakan sebagai Bali kedua. Nah, penasaran kira-kira secantik apa Pantai Tanjung Lesung ini, langsung aja yuk intip ulasan berikut.

Lokasi Pantai Tanjung Lesung

Lokasi Pantai Tanjung Lesung ini tepatnya berada di Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasi ini berjarak sekitar 160 kilometer dari pusat Kota Jakarta.

Akses Menuju Pantai Tanjung Lesung

Untuk menuju Pantai Tanjung Lesung, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Jakarta. Anda harus melewati Jalan Tol Tangerang terlebih dahulu dan menuju arah Merak. Kemudian, Anda akan melalui pintu keluar Tol Serang Timur. Setelah itu, lanjutkan ke arah Pandeglang. Berikutnya, teruskan perjalanan Anda menuju Labuan hingga tiba di Pulau Tanjung Lesung.

Rute tersebut dapat Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Apabila jalanan sedang tidak macet, Anda dapat tiba di Pantai Tanjung Lesung setelah melakukan perjalanan kurang lebih tiga jam.

Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Untuk memasuki kawasan Pantai Tanjung Lesung, Anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000,00 per orang pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur dan weekend, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp Rp 40.000,00 per orang.

Selain itu, masih ada biaya parkir juga. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkir sebesar Rp 10.000,00. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000,00.

Pesona dan Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan halus. Pasir pantai ini membentang sepanjang 15 kilometer. Di sekitar pantai berdiri beberapa pohon yang tumbuh rindang. Udara di sekitar pantai juga terasa segar dan angin yang sepoi-sepoi, sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Sesekali akan terdengar suara ombak yang bergemuruh.

Pantai Tanjung Lesung ini berhadapan langsung dengan laut lepas serta mengarah ke Selat Sunda. Ombak di Pantai Tanjung Lesung tergolong tenang, sehingga sangat ramah bagi para wisatawan.

Di bawah pohon-pohon yang rindang di sekitar pantai, terdapat beberapa kursi yang dapat Anda gunakan untuk bersantai. Ada pula hammock atau tempat tidur gantung yang juga tersedia di Pantai Tanjung Lesung ini.

Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Lesung

Beragam aktivitas seru dapat Anda lakukan di Pantai Tanjung Lesung. Ombak yang kecil dan air yang jernih akan sangat tepat untuk Anda gunakan berenang dan melakukan snorkling. Dengan melakukan kedua aktivitas tersebut, Anda dapat melihat keindahan alam bawah laut Pantai Tanjung Lesung. Anda dapat melihat keanekaragaman biota laut yang ada di bawah permukaan air. Masih ada beberaoa aktivitas air lainnya yang dapat Anda lakukan di Pantai Tanjung Lesung, seperti naik banana boat, memancing, bermain jet ski, wake board, parasailing, dan sebagainya.

Anda juga dapat mempelajari bagaimana pola simbiosis biota laut di area konservasi terumbu karang dan bagaimana cara trasplantasi terumbu karang. Area konservasi ini berada di tengah pantai. Titik lokasinya terdiri atas Tanjung Lesung, Karang Gundul, dan Pulau Liwungan.

Fasilitas Wisata yang Ada di  Pantai Tanjung Lesung

Ada banyak fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Tanjung Lesung bagi para pengunjung wisata. Salah satu fasilitas yang diberikan yaitu tempat penyewaan alat water sport. Di tempat tersebut, Anda dapat menyewa peralatan wake board dengan harga Rp 320.000,00 selama 20 menit. Harga yang sama juga diberlakukan untuk menyewa peralatan water ski, jet ski, serta donut boat. Sedangkan untuk peralatan banana boat, Anda hanya perlu menyewa dengan harga Rp 85.000,00 per orang untuk 15 menit. Slider boat juga disewakan dengan harga Rp 85.00,00 untuk sepuluh menit.

Apabila ingin merasakan sensasi mendayung menggunakan perahu kayak atau mengelilingi Pantai Tanjung Lesung dengan mengayuh pedal boat, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 80.000,00 per jam. Selain itu, ada pula fasilitas Sunset Boat Trip bagi Anda yang ingin menikmati sunset. Paket ini dapat Anda nikmati dengan membayar sebesar Rp 85.000,00 yang berlangsung selama 40 menit sejak pukul 17.30 WIB.

Selain fasilitas penyewaan water sport, ada pula fasilitas beach club. Fasilitas ini dapat Anda gunakan untuk melakukan camping di lokasi camping ground yang menghadap langsung ke pantai. Fasilitas ini akan memudahkan Anda merasakan sensasi tidur di tepi pantai dan munyaksikan suasana sunset juga sunrise di Pantai Tanjung Lesung.

Di Pantai Tanjung Lesung ini, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena sudah disediakan beberapa tempat kuliner yang menjual aneka olahan ikan laut. Menu khas di Pantai Tanjung Lesung ini adalah seafood dan barbeque. Bahan-bahan untuk membuat menu tersebut dipastikan alami juga penuh dengan nutrisi. Rasanya pun dijamin lezat. Untuk menikmati menu-menu tersebut, harga yang dibandrol cukup terjangkau atau termasuk dalam kategori standar.

Baca juga: Objek Wisata Pantai Sawarna Banten yang Memukau para Wisatawan

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Pantai Tanjung Lesung dan segala daya tariknya. Kira-kira kapan ingin membuktikan sendiri cerita diatas?

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *