Info Lengkap: Obyek Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta

Bagi anda yang hobi sekali menghabiskan waktu di pantai, maka kami sarankan untuk berkunjung ke salah satu obyek wisata terkenal di Yogyakarta ini. Ya, Parangtritis. Tidak seperti pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, pantai yang terletak di kabupaten Bantul ini memang memiliki jarak tempuh yang relatif lebih dekat dari pusat kota Jogja.

Dan perlu diketahui, meski memiliki banyak sekali mitos gaib, nyatanya pantai mempesona ini tetap menjadi destinasi liburan favorit, dan tak pernah sepi pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya Tarik Pantai Parangtritis

Sebagai salah satu tempat liburan favorit yang memiliki sejuta pesona, pantai Parangtritis juga menjadi tempat diselenggarakanya berbagai even-even besar seperti festival paralayang atau lainnya. Selain itu, ketika berkunjung ke sini anda juga bisa mencoba berbagai permainan yang disediakan oleh pihak pengelola sembari menikmati sunrise atau pun sunset saat matahari terbenam. Nah, untuk lebih jelasnya berikut deretan daya tarik pantai parangtritis yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Menikmati Keindahan Parangtritis dari Atas Langit Yogja

Paralayang merupakan salah satu wahana paling seru yang patut anda coba saat berkunjung ke Parangtritis. Cukup membayar 350 ribu anda sudah bisa menikmati pengalaman mendebarkan sekaligus melihat beragam pesona  pantai Parangtritis dan di sekitarnya dari atas langit Yogja.

  • Berkuda Atau Berkeliling dengan Delman

Sembari menikmati keindahan matahari sore di Parangtritis, anda juga bisa berkeliling bersama keluarga tercinta atau teman spesial anda, dengan menyewa kuda atau delman. Tarif sewanya sendiri tergolong murah yakni sekitar 20 ribu untuk sekali putar.

  • Pemandian Air Panas Parangwedang

Lokasi pemandian ini juga terletak di Pantai Parangtritis. Air panasnya yang mengandung unsur belerang diyakini mampu mengobati penyakit kulit dan sebagainya. Selain itu juga terdapat pemandian air panas yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan tiket masuk yang relatif murah.

  • Wahana ATV

Mempunyai bibir pantai yang sangat luas serta terdapatnya medan pasir, tak lengkap rasanya jika datang ke Parangtritis tanpa menjajal permainan yang satu ini. Selain seru dan pastinya menyenangkan bisa memainkannya bersama buah hati tersayang, tiket sewanya pun terbilang tak terlalu mahal, hanya sekitar 50 sampai 100 ribu per 30 menit.

  • Bukit Pasir Gumuk

Daya tarik lainnya dari pantai Parangtritis adalah terdapatnya Bukit Pasir Gumuk yang merupakan satu-satunya gunung pasir yang ada di Asean. Dengan tiket masuk sekitar empat ribu, harga yang sangat terjangkau, anda sudah bisa menikmati sensasi berseluncur dengan papan dari atas bukit ini. Bukit Pasir Gumuk juga bisa menjadi spot foto pre-wed bagi anda yang memiliki rencana untuk menikah lho.

  • Keindahan Matahari Terbenam dari Atas Bukit Parang Endog

Dari atas bukit Parang Endog anda bisa menikmati keindahan pantai Parangtritis dan juga matahari terbenam. Ditemani semilir angin pantai yang begitu menenangkan, hal ini bisa menjadi momen tak terlupakan bersama orang-orang tersayang anda.

Lokasi Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, kabupaten Bantul. Berada di ujung paling selatan Yogyakarta, jarak pantai ini dari pusat kota sekitar 27 km. Karena jalanannya yang relatif ramai lancar, waktu tempuh ke pantai Parangtritis tak terlalu lama, yakni 40 menit saja.

Fasilitas yang Ada di Parangtritis

Fasilitas yang ada di area Parangtritis terbilang sudah cukup memadai. Dari mulai pemandian, hotel dengan harga yang bervariasi, lahan parkir yang luas, kios cindra mata, dan tentunya tak ketinggalan aneka kulinernya yang terkenal nikmat.

Tiket Masuk Parangtritis

Anda tak perlu merogoh kocek cukup banyak untuk masuk ke pantai Parangtritis. Cukup sediakan uang empat ribu bagi kendaraan bermotor, dan lima ribu untuk mobil. Murah meriah bukan?

Baca juga: Info Lengkap: Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Jam operasi

Pantai Parangtritis buka selama 24 jam. Jadi anda bisa datang kapan saja ke pantai ini. Dan tentunya, jangan lupa mendokumentasikan aktivitas anda jika berkunjung ke pantai ini ya.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *