Panorama Menarik di Objek Wisata Pantai Karang Bolong Banten

Sebagai salah satu provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, sudah pasti Banten kaya akan potensi wisata, khususnya destinasi pantai. Nah, salah satu pantai di Banten yang sudah cukup populer, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ialah pantai Karang Bolong, dimana pantai ini dikenal sebagai pantai yang unik karena menjadi gerbang untuk masuk ke berbagai pantai yang ada di kawasan Anyer.

Pantai Karang Bolong ini sendiri cukup luas, namun jika Anda hendak berenang di sini sebaiknya meminta saran terlebih dahulu pada pihak keamanan yang ada, karena pantai ini memiliki banyak sekali batu karang yang keras.

Keistimewaan Pantai Karang Bolong

Selain memiliki banyak batuan karang, obyek wisata pantai Karang Bolong di gadang memiliki pemandangan yangsangat eksotis. Dimulai dari ketika Anda masuk ke objek wisata ini, Anda akan disambut oleh sebuah pemandangan berupa tebing tinggi yang besar dimana di bagian bawahnya terdapat lubang yang seolah menjadi pintu masuk untuk bisa berinteraksi langsung dengan suasana pantai.

Kiranya bentuk tebing ini yang menjadi asal usul nama Karang Bolong yang disematkan pada pantai yang pada awalnya dinamakan dengan Pantai Karang Suraga tersebut. Ada perbedaan pendapat mengenai terjadinya karang bolong ini, dimana pendapat yang pertama menyatakan bahwa karang tersebut bolong sebagai akibat dari abrasi pantai, dan pendapat yang lain menyatakan bahwa karang tersebut bolong sebagai akibat dari letusan Gunung Krakatau yang terjadi tahun 1883 silam.

Terlepas dari asal usul karang yang bolong tersebut, yang pasti saat ini pantai tersebut sudah menjelma menjadi salah satu pantai yang favorit di Anyer, dan menjadi tujuan wisata para warga Jakarta dan sekitarnya.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Pantai Karang Bolong ini adalah di sini Anda bisa melakukan beberapa aktifitas sekaligus selain menikmati pemandangan seperti menyusuri batu karang saat air laut tengah surut, menyewa banana boat atau perahu. Dan jika Anda malas berinteraksi dengan air, Anda bisa melakukan tracking  sebagai gantinya, karena di sini juga terdapat sebuah jalur yang unik dan cukup menantang untuk ditaklukkan.

Jalur ini berupa tangga untuk naik ke bagian atas batu karang yang berlubang yang menjadi ikon dari pantai ini. Berdasarkan informasi, ternyata jalur ini memang sengaja dibuat oleh pihak pengelola yang diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Pantai Karang Bolong dari ketinggian.

Nah, saat Anda berdiri di atas karang ini, Anda akan melihat di sisi kanan yang tidak terlalu banyak karang di mana di sisi ini lebih banyak orang yang berenang serta bermain air. Berbeda halnya dengan sisi kiri yang lebih menonjolkan batu karang sebagai pemandangan utamanya.

Tambahan informasi, di sisi timur Pantai Karang Bolong juga terdapat sebuah gua yang dinamakan dengan Gua Karang Bolong, dimana panjangnya hanya sekitar 30 meter dengan lebarnya 10 meter dan tingginya 5 meter. Sisi ini menjadi sisi yang pas untuk Anda yang hobi memancing karena di sinilah yang ada banyak ikannya.

Lokasi dan Akses menuju ke Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong ini terletak di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor, Serang – Banten. Jika Anda tertarik untuk datang ke Pantai Karang Bolong ini, Anda bisa langsung berangkat dengan mengikuti rute jika dari Jakarta Anda bisa langsung ke tol Jakarta – Merak lalu keluar di tol Cilegon, kemudian ikuti papan petunjuk yang menuju ke Pantai Anyer. Selanjutnya, susuri Pantai Anyer ini hingga sebelum Anda mencapai Pantai Carita, dan di situlah Pantai Karang Bolong berada.

Fasilitas yang ada di obyek wisata Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti penjaga pantai, pusat informasi, tempat parkir kendaraan, pondok wisata, taman bermain, restoran, rumah makan, toko souvenir hingga toko oleh-oleh.

Untuk Anda yang ingin menginap pun tidak perlu risau karena di sini juga sudah ada beberapa penginapan seperti hotel, cottage, home stay, resort, wisma bahkan villa juga ada.

Tiket masuk Pantai Karang Bolong

Mengenai tiket masuk ke Pantai Karang Bolong, harga yang harus dibayarkan hanya sebesar Rp 5.000 per orang, tetapi jika membawa rombongan bus, hanya dikenakan biaya sebesar Rp 250.000 untuk 60 orang penumpang.

Tips Berwisata ke Pantai Karang Bolong

Berikut beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan saat ingin berwisata ke Pantai Karang Bolong, antara lain:

  1. Jika Anda ingin sekalian mencicipi kuliner yang ada, tak ada salahnya jika Anda melihat harga atau bertanya soal harganya pada penjual terlebih dahulu supaya Anda tidak terjebak dengan ‘harga fiktif’ yang bisa dipermainkan oleh penjual
  2. Ada baiknya Anda membawa obat-obatan ringan seperti obat merah atau minyak kayu putih untuk berjaga-jaga jika terjadi cedera
  3. Perhatikan himbauan serta informasi yang diberikan oleh petugas demi keselaman diri Anda sendiri
  4. Bawalah perlengkapan seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan
  5. Gunakan sunblock sebelum Anda ‘terjun’ langsung ke lokasi untuk melindungi kulit Anda supaya tidak terpapar oleh sinar matahari secara langsung
  6. Sebaiknya pakai pakaian yang bisa menyerap keringat dengan mudah karena cuaca di Pantai Karang Bolong cukup panas.
  7. Jika Anda membawa anak-anak serta, jangan lepas pengawasan Anda dari anak-anak

Nah, itu dia ulasan menarik mengenai Pantai Karang Bolong. Semoga informasi diatas bisa menjadi bahan rujukan bagi Anda yang ingin kesana.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *