Wisata Pantai Carita, Destinasi Cantik nan Bersejarah di Banten

Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak wisata pantai dengan pemandangan yang begitu mempesona. Salah satunya adalah Pantai Carita. Letak Pantai Carita ini berada di dekat Pantai Anyer. Sehingga, kebanyakan orang mengenal Pantai Carita ini dengan sebutan Pantai Anyer Carita atau Pantai Carita Anyer, meskipun sebenarnya kedua pantai ini tidak berada dalam satu kawasan.

Lokasi Pantai Carita

Pantai Carita ini terletak di Kecamatan Carita, Sukarame, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pantai ini berada di ujung Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Selat Sunda.

Sejarah dan Mitos Pantai Carita

Konon, dulunya Pantai Carita ini merupakan sebuah kawasan hutan lindung dengan luas mencapai 95 hektar. Di kawasan hutan lindung tersebut tumbuh beraneka jenis flora, seperti pohon mahoni, pohon jati, alap-alap, dan sebagainya. Tidak hanya flora, di sana juga ditemukan banyak fauna, seperti biawak, ular sanca, lutung, dan sebagainya.

Pantai Carita ini juga dikenal angker. Menurut cerita yang beredar, pada tahun 1809 hingga 1810 kawasan Pantai Carita digunakan sebagai tempat bagi para tentara Belanda untuk melakukan penyiksaan terhadap orang-orang pribumi. Penyiksaan tersebut jelas dilakukan secara kejam dan tidak manusiawi. Selain itu, pada tahun 1883, terjadi letusan hebat dari Gunung Krakatau yang berdampak ke beberapa negara tetangga. Di Pantai Carita juga terdapat sebuah vila yang terkenal angker. Beberapa pengunjung yang menginap di vila tersebut mengaku pernah diganggu makhluk halus di sana.

Namun, kesan angker tersebut perlahan mulai hilang dengan ditetapkannya Pantai Carita sebagai Taman Wisata Alam pada tahun 1978 oleh Menteri Pertanian. Pantai Carita pun mulai dikenal akan keindahannya dan mendapat pujian dari banyak orang.

Rute Menuju Pantai Carita

Nah untuk Anda yang tertarik berlibur ke Pantai Carita, rute menuju ke sana terbilang mudah. Hal tersebut juga didukung dengan akses jalan yang bagus karena terhubung langsung dengan Tol Jakarta-Merak. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memulai perjalanan dari Jakarta menuju Tol Merak. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Serang, Pandeglang, Labuan, hingga sampai di Pantai Carita.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum seperti bus misalnya, Anda dapat memulai perjalanan dari Jakarta dengan naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, Tanjung Priok, ataupun Pulau Gadung. Naiklah bus dengan tujuan Merak. Kemudian, Anda dapat turun di Terminal Cilegon. Setelah itu, Anda dapat menuju Pantai Carita menggunakan ojek atau angkutan umum.

Tiket Masuk Pantai Carita

Tiket masuk yang diberlakukan di Pantai Carita ini bervariasi, disesuaikan dengan jenis kendaraan yang digunakan oleh pengunjung. Pengunjung yang menggunakna minibus dikenakan tarif sebesar Rp 600.000,00. Sedangkan untuk bus besar dikenakan tarif sebesar Rp 650.000,00. Untuk tarif mobil pribadi sebesar Rp 150.000,00. Sementara untuk sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp 20.000,00 saja.

Daya Tarik Wisata Pantai Carita

Pantai Carita memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan berwarna putih. Saat diterpa sina matahari, pasir putih di Pantai Carita akan tampak berkilauan. Di sekitar Pantai Carita juga terdapat deretan pohon hijau dengan daun yang rimbun. Angin sepoi-sepoi sangat cocok untuk menemani Anda menikmati keindahan Pantai Carita ini. Selain itu, ombak di Pantai Carita ini cenderung tenang, sehingga Anda dapat bermain-main di air. Dari Pantai Carita, Anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Krakatau dari kejauhan.

Aktivitas di Pantai Carita

Ada beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Carita. Ombaknya yang tenang membuat Anda aman untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti berenang dan berendam di dalam air. Selain berenang, Anda juga dapat bermain banana boat, jet ski, surfing, diving, bahkan snorkling. Pantai Carita juga cocok digunakan untuk melakukan beragam olahraga air.

Anda juga dapat mengistirahatkan tubuh di atas pasir putih yang lembut sambil berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan saat-saat menjelang matahari tenggelam pada sore hari.

Fasilitas di Pantai Carita

Di Pantai Carita juga disediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Misalnya saja banana boat yang dapat Anda sewa dengan harga Rp 25.000,00 hingga Rp 50.000,00. Ada pula jet ski yang disewakan dengan harga antara Rp 75.000,00 hingga Rp 100.000,00. Anda juga dapat menyewa pelampung dengan harga Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00. Pantai Carita juga menyediakan alat snorkling yang dapat Anda sewa dengan harga Rp 50.000,00.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Pantai Carita juga menyediakan fasilitas tempat umum. Ada warung makan, kamar mandi, tempat belanja, juga penginapan. Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh juga sudah disediakan toko-toko yang menjual souvenir, kaos, baju pantai, aksesoris, dan sebagainya.

Penginapan di Sekitar Pantai Carita

Bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar Pantai Carita juga ada banyak penginapan yang ditawarkan untuk para pengunjung. Berbagai jenis penginapan tersedia di sana. Mulai dari penginapan kelas melati, wisma, cottage, hotel, bahkan resort juga kondominium. Ruangan tidurnya pun beragam. Mulai dari tipe single, double bed, hingga family room. Penginapan di sekitar Pantai Carita ini dikelola oleh masyarakat, sehingga harga sewanya pun lumayan terjangkau. Beberapa penginapan yang direkomendasikan antara lain Archipelago Beach Carita, Rakata Hotel, dan Kondominium Lippo Carita.

Itulah diatas review singkat tentang Pantai Carita di Banten, Nah, kira-kira kapan ingin merencanakan berlibur kesana?

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *