Pesona Obyek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Meski tak seterkenal pantai parangtritis, namun pesona pantai Baron Jogja tentu tak bisa dianggap sebelah mata. Tetap saja ada sisi keunikan atau kelebihan tersendiri, dari pantai ini, yang tak dimiliki pantai lainnya.  Nah, untuk anda yang berencana mengunjungi pantai Baron, ada baiknya simak dulu reviewnya berikut ini.

Pesona Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Jogja

Tak bisa dipungkiri, Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang kaya dengan deretan pantai memukau, salah satunya adalah pantai Baron. Nah, terkait pesona yang dimiliki pantai Baron, berikut ulasan lengkapnya.

Secara geografis, pantai ini berbentuk teluk kecil dengan medan perbukitan karang di sisi kanan kirinya. Dan yang menarik di kedua bukit tersebut dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menghampar, menyejukkana mata. Ditambah dengan pemandangan deretan perahu-perahu nelayan berjajar di pinggir pantai, semakin membuat pemandangannya begitu alami dan menentramkan.

Menilik dari penampakan pasir pantainya, pantai Baron memiliki kemiripan dengan Pantai Parangtritis, yaitu sama-sama memiliki corak pasir coklat kehitaman serta ombak yang bisa dibilang lumayan besar. Memang sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai di jogja yang umumnya berpasir putih.

Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah adanya pertemuan dua arus air yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai. Biasanya para pengunjung selalu menyempatkan diri berenang di sungai ini, karena airnya yang segar dan jernih.

Masih di sekitaran pantai Baron, tepatnya diatas tebing karang terdapat sebuah mercusuar yang menjulang tinggi mencapai 40 meter. Nah, dari atas mercusuar inilah kita dapat menikmati hamparan pemandangan Pantai Baron yang begitu mempesona.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Baron Jogja

Fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup memadai, mulai dari lahan parkir yang luas, mushola untuk beribadah dan toilet. Selain itu tersedia pula berbagai restoran, cafe dan warung dengan sajian aneka jenis makanan lezat yang sebagian besar berasal dari olahan laut, aneka seafood seperti ikan bakar, ikan goreng, udang dan sebagainya.

Bagi anda yang hendak membawa bingkisan cinderamata, disana banyak sekali pedagang yang menawarkan aneka souvenir khas pantai yang terkenal dengan kerajinan karang laut berupa hiasan lampu, bingkai fota dan aneka kerajinan lain yang kebanyakan dibuat dari karang.

Dan bagi wisatawan yang hendak bermalam, tidak perlu pusing mencari tempat, karena disekitaran pantai ini banyak hotel dan homestay dengan harga sewanya yang beragam.

Tiket Masuk Pantai Baron Jogja

Jangan khawatir mengenai tiket masuk. Dijamin tidak membuat kantong anda kempes, karena untuk menikmati segala pesona Pantai Baron, anda cukup merogoh kocek 10rib saja. Dan untuk bisa naik ke atas mercusuar dan menikmati pesona alam Pantai Baron dari atas balkon mercusuar, anda cukup membayar 5ribu saja. Dan untuk biaya parkir mobil cukup dengan 5ribu serta untuk kendaraan roda dua, cukup 2ribu saja. Sangat terjangkau bukan?

Baca juga: Tips dan Info Terkini: Obyek Wisata Pasar Baru Bandung

Dimana Lokasi Pantai Baron?

Pantai mempesona ini terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, dan masih masuk dalam wilayah Gunung Kidul Yogyakarta. Jika anda dari pusat kota Jogja, mungkin diperlukan waktu sekitaran 2 jam untuk bisa sampai di pantai ini. Oya, kami sarankan untuk berhati-hati jika anda mengendarai kendaraan pribadi, dan kebetulan baru pertama kali ke pantai ini, karena jalannya cukup berliku dan  butuh konsentrasi tinggi untuk melaluinya.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *