Info Lengkap Tentang Obyek Wisata Obsevatorium Bosscha Bandung

Kalau anda sedang berada atau berkunjung ke Bandung jangan lewatkan untuk mampir ke Observatorium Bosscha yang terletak di Lembang ini.  Observatorium Bosscha merupakan salah satu objek wisata edukatif yang ada di Lembang Bandung yang menjadi tujuan favorit saat berlibur bersama keluarga.

Hampir setiap hari objek wisata ini cukup ramai disinggahi para pengunjung. Lewat objek wisata ini secara tidak langsung para pengunjung akan menikmati sarana edukatif yang menyajikan berbagai macam pengetahuan tentang alam semesta.

Apa Yang Menarik Di Observatorium Bosscha

Sejatinya, Observatorium Bosscha adalah salah satu observatorium teropong bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha ini berdiri dengan ketinggian diatas 1300an meter diatas permukaan laut.  Memiliki kubah dengan diameter 14,5 meter dan berat 56 ton.  Pada saat para pengunjung menggunakan teropong diatap kubah, maka kubah ini dapat bergerak karena adanya daya listrik berkekuatan 1500 watt.

Observatorium Bosscha memiliki beberapa teleskop yaitu Teleskop Zeiss, Unitron, Schmidt, Bamberg serta Teleskop Goto.  Salah satu teleskop yang paling terkenal yaitu Teleskop Zeiss.  Teleskop ini telah beroperasi sejak tahun 1928 dan masih berfungsi dengan baik sampai sekarang.  Teleskop ini dulunya berasal dari Jerman dan merupakan teleskop terbesar yang ada di Observatorium Bandung.

Di Obeservatorium Bosscah, anda bisa melihat pemandangan bulan dan bintang yang indah di angkasa, melalui teleskop.  Tempat ini selain dijadikan tempat rekreasi juga bisa dijadikan tempat belajar untuk mengenal lebih dekat ilmu astronomi.

Selain itu anda juga akan diajak berjalan-jalan ke ruangan multimedia untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai astronomi, yang tentunya bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan juga.

Jadi, untuk Anda yang berprofesi sebagai guru ataupun dosen maka Observatorium Bosscha ini sangat bagus dan cocok untuk dijadikan tempat melakukan studi tour ataupun penelitian bersama para murid dan mahasiswa Anda.

Lokasi Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha ini terletak di Lembang, Bandung.  Dari kota Bandung menempuh jarak sekitar 15 Km kearah utara.  Alamat lengkap objek wisata ini di Jl.  Teropong Bintang, Cikahuripan Bandung.

Harga Tiket Masuk Observatorium Bosscha

Kunjungan ke Observatorium Bosscha bisa dilakukan siang dan malam hari.  Untuk kunjungan siang hanya dikenakan 15ribuanan saja tiap orangnya sedangkan saat kunjungan malam dikenakan tarif 20ribuan.

Untuk sesi kunjungan siang hari Selasa  serta Kamis dibagi 3, untuk hari Jumat hanya dibagi 2 sesi. Tiap sesi memiliki batasan maksimal pengunjung 200 orang.

Baca juga: Mau Bekunjung ke Water Kingdom Mekarsari Bogor? Simak Info Lengkapnya

Beberapa Tips Berkunjung ke Observatorium Bosscha

  1. Datanglah tepat waktu sesuai jadwal kunjungan, jika terlambat sampai 1 jam maka jadwal kunjungan akan dibatalkan
  2. Jika anda datang ke observatorium ini dengan rombongan maka datanglah sesuai jumlah orang yang terdaftar, karena bila tidak sesuai dengan jumlah yang terdaftar maka pihak observatorium akan memberikan sanksi berupa pembayaran 2 kali lipat atau pembatalan jadwal kunjungan.
  3. Jika datang pada malam hari maka hindarilah penggunaan flash pada kamera untuk mengambil foto.
  4. Patuhilah peraturan yang berlaku bagi para pengunjung seperti tidak boleh merokok, melakukan aktivitas outbond atau camping di area komplek observatorium.
  5. Berpakaianlah yang sopan, rapi atau pakaian yang layak karena di tempat ini pengunjungnya banyak anak – anak sekolah
  6. Jangan membawa hewan peliharaan dan handphone berada dalam posisi silent ketika tour sedang berjalan.

Nah, kira-kira kapan Anda berencana mengunjungi obyek wisata Obsevatorium Bosscha ini?

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *