Info Lengkap Tentang Obyek Wisata Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Museum Sonobudoyo… Bagi masyarakat Jogja, tentu saja museum ini sudah sangat familiar. Dan bagi para wisatawan dari luar daerah, rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Kota Yogyakarta tanpa mengunjungi museum bersejarah yang dibangun pada tahun 1935 ini. Apalagi Museum Sonobudoyo merupakan museum terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Jakarta.

Selain menyenangkan, pastinya ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat saat berkunjung ke tempat ini. Dengan mengajak buah hati tersayang, anda bisa mengenalkan kepadanya berbagai macam benda sejarah dari seluruh nusantara yang tersimpan dengan rapi di museum ini.

Apa saja yang bisa dilihat di Museum Sonobudoyo Jogja?

Tentunya ada banyak hal menarik yang bisa dilihat guna menambah wawasan kita. Diantaranya:

  • Ruang Pendopo

Museum Sonobudoyo setidaknya memiliki 43 ribu koleksi bersejarah yang salah satunya di simpan di Ruang Pendopo. Saat memasuki ruangan ini anda akan mendapati arca, berbagai macam relief serta dua buah meriam yang di panjang dengan begitu apik. Acra serta berbagai reliefnya sendiri merupakan peninggalan umat Budha dan Hindu terdahulu.

  • Ruang Pengenalan

Di Ruang Pengenalan anda akan dimanjakan dengan koleksi krobongan dan pasren. Pasren sendiri memiliki arti semacam altar yang digunakan untuk memuja Dewi Sri. Sementara krobongan adalah kamar di antara dua ruang yang dipakai untuk sesaji dan sebagainya. Dua buah benda bersejarah ini juga diukir dengan arsitektur yang kental dengan budaya Yogyakarta.

  • Ruang Prasejarah Menggambarkan Kehidupan Manusia Prasejarah

Sesuai dengan namanya ruangan ini adalah ruang yang digunakan menggambarkan kehidupan manusia terdahulu. Bersama dengan orang terkasih dan si buah hati, anda bisa melihat bagaimana kehidupan manusia prasejarah bertahan hidup dari mulai cara berbulu sampai beragam alat-alat yang mereka gunakan untuk mengolah bahan makanan.

  • Menikmati Koleksi Kain Batik di Ruang Batik

Selain menikmati ratusan koleksi kain batik dengan berbagai macam motif di Ruang batik, anda juga bisa mengenalkan kepada buah hati anda beragam benda yang digunakan dalam proses pembuatan kain batik seperti canting, dingklik (bangku), taplak, dan bandul.

  • Ruang Wayang

Sesuai dengan namanya, ruangan ini memang berfungsi untuk menyimpan koleksi wayang. Mulai dari wayang kulit sampai ratusan koleksi wayang golek tersedia di Ruang Wayang. Saat memasuki ruangan ini anda pasti akan menyadari betapa Negeri  tercinta kita memang memiliki begitu banyak warisan budaya mengagumkan dan patut dilestarikan.

  • Ruang Keris, Tempat Menyimpan Ribuan Keris Nusantara

Ruang Keris juga menjadi tempat yang wajib anda masuki saat berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Dengan corak dan bentuk beraneka ragam, keris yang di simpan di ruangan ini tak kurang dari 1200 buah. Senjata khas dari Indonesia ini bahkan berasal dari seluruh penjuru nusantara lho. Keren sekali, bukan?

  • Menikmati Pagelaran Wayang

Pagelaran wayang adalah salah satu daya tarik dari Museum Sonobudoyo selain koleksi benda-benda bersejarahnya. Jika anda berkunjung ke museum ini jangan lupa menyempatkan waktu untuk menikmati pertunjukan wayang bersama dengan orang-orang terdekat ya. Pertunjukan wajangnya sendiri diadakan setiap hari dengan durasi tak lebih dari dua jam. Menarik sekali, bukan?

Lokasi Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo memiliki dua lokasi yang berbeda, yakni di jalan Trikora No. 6 Yogyakarta dan lokasi kedua berada di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta. Karena letaknnya yang berada di pusat kota, musium ini memiliki akses yang mudah dicapai dari segala arah. Anda juga bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki dari Malioboro.

Fasilitas

Banyak fasilitas penunjang yang disediakan di museum ini, antara lain seperti koleksi buku dan naskah tentang budaya Indonesia, ruang seminar, laboraturium untuk konversi, dan pendopo yang diperuntukkan bagi para pengunjung museum.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuknya anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Hanya Rp. 3000 bagi orang dewanya, dan Rp. 2500 bagi anak-anak. Sementara bagi wisatawan asing dikenakan tarif sebesar Rp. 5000. Liburan yang bermanfaat sekaligus sangat murah meriah bukan?

Baca juga: Fasilitas dan Daya Tarik di Obyek Wisata Kotagede Yogyakarta

Jam Operasinal

Museum Sonobudoyo di buka mulai dari jam 08.00-15.30WIB pada hari selasa sampai kamis. Sementara pada hari jumat buka dari jam 08.00-14.00WIB. Dan sabtu-minggu 08.00-15.30WIB. Untuk hari senin dan libur nasional, museum ini tidak beroprasi alias tutup.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *