Info lengkap Tentang Obyek Wisata Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah salah satu icon kebanggaan dan identitas bagi Kota Yogya. Selain memiliki unsur budaya jawa yang masih begitu kental, adat istiadat dan tradisinya juga masih dijaga dan dilestarikan sampai sekarang.

Daya Tarik Keraton Yogyakarta

Keraton yang merupakan tempat tinggal resmi Sultan Hamengkubuwono ini memang memiliki banyak sekali daya tarik memesona. Salah satunya yang paling menarik minat wisatawan adalah Museum Keraton Yogyakarta yang juga berada di area kompleks istana.

Museum ini sendiri di bangun oleh Sultan Hamengkubuwono I. Pembangunannya kemudian diteruskan lagi oleh sultan berikutnya. Dan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono IX, museum ini akhirnya dibuka untuk khalayak umum. Sehingga masyarakat juga bisa menikmati kemegahan dan keindahan dari Museum Keraton Yogyakarta.

Tak hanya sebagai tempat untuk keperluan studi, Museum Keraton Yogyakarta juga bisa menjadi tempat tujuan wisata bagi keluarga anda. Ada berbagai macam kegiatan menyenangkan dan pastinya bermanfaat yang bisa dilakukan saat berkunjung ke obyek wisata yang satu ini.

  • Mengeksplor Peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta anda akan dimanjakan oleh benda-benda bersejarah peninggalan Sri Sultan HB IX. Ada banyak sekali koleksi peninggalan salah satu Sultan yang tersohor di Yogyakarta ini antara lain seperti foto-foto, medali, piagam, berbagai koleksi mobil yang dipakai beliau sewaktu masih kecil, surat keputusan presiden, dan masih banyak lagi.

  • Museum Batik

Di kompleks Museum Keraton Yogyakarta juga terdapat museum batik yang menyimpan berbagai macam benda berharga. Tak hanya koleksi kain batik, patung, bahan pewarna, di sini anda juga bisa melihat sepeda tua pengangkut batik yang merupakan hibah dari Sultan Hamengkubuwono, dan lainnya.

  • Museum Kristal Tempat Menyimpan Koleksi Kristal Milik Kraton

Anda pasti akan berdecak kagum saat melihat berbagai macam jenis kristal berkilauan milik keraton yang dipamerkan dengan cantik di museum ini. Mulai dari kristal polos, kristal tempat buah, berbagai macam guci, dan meja rias dari bahan kuningan serta benda-benda bersejarah lainnya.

  • Menikmati Pagelaran Wayang

Jika berkunjung ke Keraton Yogyakarta jangan lewatkan pula pertunjukan wayang yang biasanya di selenggarakan di Bangsal Srimanganti. Pagelaran ini biasanya diadakan pada akhir pekan, yakni hari sabtu. Anda juga bisa menikmati pertunjukan wayang yang digelar menggunakan bahasa jawa ini bersama dengan teman maupun orang terkasih anda.

  • Hunting foto

Seperti tempat-tempat wisata pada umumnya Keraton Yogyakarta juga memiliki spot-spot yang cantik. Jadi tak ada salahnya jika anda mengabadikan momen liburan bersama keluarga dengan berfoto di salah satu sudut Museum Keraton Yogyakarta ini.

  • Kemegahan Koleksi Kereta Kasultanan Yogyakarta

Saat berkujung ke Keraton Yogyakarta anda juga bisa melihat 23 kereta milik keraton yang dipajang di sini. Bahkan beberapa diantaranya masih digunakan sampai sekarang untuk acara-acara penting seperti pengangkatan sultan ataupun pernikahan para putri keraton.

Lokasi Keraton Yogyakarta

Anda bisa dengan mudah menemukan kompleks Keraton Yogyakarta. Letaknya yang berada di tengah kota dan bersebelahan dengan Altar (Alun-Alun Utara Yogya) bisa dicapai beberapa menit saja dari Malioboro dengan berjalan kaki.

Fasilitas

Jika berkeliling ke museum ini anda bisa menyewa jasa pemandu yang disediakan oleh pihak museum. Mengenai fasilitas, sudah tersedia lengkap di sini, mulai dari musola, toilet, kantin, dan tentunya penjual sovenir bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Yogyakarta.

Baca juga: Informasi lengkap Tentang Obyek Wisata Kebun Raya Bogor

Jam Operasional

Keraton Yogyakarta buka setiap hari pukul 08.00-13.30WIB. Namun khusus untuk hari jumat anda hanya bisa berkunjung pada pukul 08.00-13.00WIB. Sementara pada hari upacara kebesaran keraton, Museum Keraton Yogyakarta tidak beroprasi alias libur.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *