Informasi lengkap Tentang Obyek Wisata Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan tempat pariwisata sekaligus lembaga koservasi exsitu yang mana destinasi dimanfaatkan sebagai Pusat Penelitian Pendidikan Lingkungan dan Konservasi. Dengan luas mencapai 87 hektar serta 15.000 jenis pohon yang hidup didalamnya membuat Kebun Raya Bogor menjadi kebun terbesar yang ada di Indonesia.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Sebagai salah satu tempat pariwisata yang terletak di kota Bogor, dapat dikatakan akses untuk bisa sampai di Kebun Raya Bogor sangatlah mudah khususnya bagi Anda yang tinggal diluar kota Bogor. Mulai dari kereta api atau menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai di Kebun Raya Bogor.

Daya Tarik Kebun Raya Bogor

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui jika beberapa lokasi wisata yang ada di dalam Kebun Raya Bogor memiliki nilai sejarah penting yang sangat erat hubungannya dengan para pahlawan negara.

  • Griya Anggrek 

Griya Anggrek menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh Anda, para pecinta bungga anggrek. Griya Anggrek memiliki berbagai macam jenis angrek dan salah satu jenisnya adalah anggrek hybrid yang sedang berbunga.

Tidak hanya itu, Griya Anggrek juga menjual beberapa jenis bibit anggrek spesies botolan dan tanaman non anggrek seperti menyediakan penjualan tanaman bibit anggrek  species botolan dan tanaman non anggrek seperti nepenthes dan Alocasia.

  • Museum Zoologi

Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk memperkenalkan anak Anda dengan berbagai macam jenis hewan adalah dengan mengunjungi Museum Zoologi yang memiliki berbagai macam koleksi hewan yang telah diawetkan seperti burung, kepiting, serangga, ikan, paus biru dan masih banyak lagi.

  • Komplek Pemakaman Belanda

Terdapat 42 maka yang ada di Komplek Pemakaman Belanda. Hanya 38 makam yang diketahui identitasnya sedangkan sisanya menjadi makam tanpa nama. Beberapa makam yang dketahui identitasnya merupakan tokoh penting yang memiliki penggaruh cukup besar dimasanya.

  • Tugu Raffles

Tugu Raffles dibuat oleh pemimpin pemerintahan hindia Belanda, Thomas Stamford Raffles sebagai bukti cinta kepada istrinya yaitu Lady Olivia Mariamne yang meninggal akibat penyakit malaria pada tanggal 26 November 1814 di Bogor.

  • Kolam Gunting 

Tidak lengkap rasanya apabila Anda datang ke Kebun Raya Bogor tanpa menggunjungi Kolam Gunting yang menjadi salah satu ikon terkenal di Kebun Raya Bogor. Dikolam Genting, Anda akan melihat beberapa jenis burung pemangsa ikan. Selain itu, Anda juga bisa meliha secara langsung Istana Kepresidenan RI.

Fasilitas

Berbagai macam fasilitas disediakan oleh pihak pengelola Kebun Raya Bogor yang dapat Anda gunakan.

  • Penginapan

Didalam kawasan Kebun Raya Bogor tedapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa dengan harga sewa  Rp 40.000 per malam. Harga yang berikan sudah termasuk sarapan pagi.  Namun apabila Anda ingin menginap di tempat dengan fasilitas yang lebih bagus maka Anda bisa mengginap di hotel yang letaknya tidak jauh dari Kebun Raya Bogor.

  • Tempat Makan

Hanya terdapat satu tempat makan yang berada dalam Kebun Raya Bogor yaitu Garden Cafe. Garden cafe hanya menjual beberapa jenis makanan saja seperti nasi kuning, nasi uduk dan berbagai macam snack dengan harga yang terjangkau.

Tiket Masuk

Berdasaran peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia Nomor:  32 TAHUN 2016, tiket masuk penggunjung Kebun Raya Bogor adalah sebagai berikut

  1. Tiket masuk Rp. 15.000 per orang,
  2. Khusus wisatawan asing tiket masuk Rp. 250.000 per orang.

Jam Operasional

Kebun Raya Bogor buka setiap harinya pada pukul 07.30 – 16.00. Namun untuk beberapa tempat wisata yang ada di Kebun Raya Bogor seperti Museum Zoologi dan Griya Anggrek buka setiap harinya pada pukul 08.00 – 16.00.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Obyek Wisata Cibalung Happy Land Bogor

Selain untuk mengisi waktu libur, dengan pergi ke Kebun Raya Bogor membuat Anda mendapatkan pengetahuan baru mengenai berbagai macam hal, khususnya terkait lingkungan hidup.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *