Inilah 4 Pesona Obyek Wisata Goa Jomblang Yogyakarta Yang Luar Biasa

Pernah mendengar obyek wisata Goa jomblang? Walau namanya kurang populer bagi masyarakat luar Jogja, namun faktanya gua ini pada 2011 yang lalu pernah digunakan sebagai lokasi syuting pembuatan film Amazing Race Amerika. Nah, penasaran apa saja daya tarik dari obyek wisata Goa Jomblang ini?

Ada banyak alasan mengapa tempat wisata ini begitu diminati, dan bahkan dijadikan sebagai lokasi syuting film luar negeri. Nah, untuk menjawab rasa penasaran anda berikut, adalah beberapa daya tarik goa Jomblang Jogja yang sebaiknya Anda tahu.

  • Fenomena Ray Of Light yang Keindahannya Begitu Luar Biasa

Anda tak harus meninggal untuk bisa melihat cahaya surga, ungkapan ini dilontarkan oleh Cahyo Alkantana, salah seorang Rajanya petualang dan biangnya caver Indonesia. Namun sepertinya ucapan Cahyo ini bukan hanya sekedar isapan jempol belaka, anda bisa membuktikan ketika anda mengunjungi dan sudah berada di dasar Goa Jomblang, betapa indahnya fenomena cahaya yang berkumpul menerobos masuk hingga mencapai kedalaman 90 meter dari permukaan tanah. Anda akan merasa takjub ketika melihat indahnya cahaya dari atas mulut gua masuk menyinari kedalaman perut bumi.

  • Objek Wisata yang Cocok Bagi pecinta aktifitas caving

Jomblang merupakan gua vertikal dengan bentuk seperti sumur, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka untuk bisa menikmati keindahan serta pesona yang ada di dalam dasar gua, harus menuruni dasar gua dengan menggunakan seutas tali. Pastinya saat melakukan hal tersebut, anda akan merasakan sensasi ngerinya bergelantungan diatas seutas tali menyusuri lorong gua yang gelap dan lembab.

Tapi jangan khawatir, tali yang digunakan tentunya tali yang memang dikhususnya untuk hal tersebut, jadi sesuai standart keselamatan. Jadi, tak perlu takut, terlebih lagi Akan ada seorang pemandu yang akan memandu memasangkan SRT set, dan mengawal menuju bibir gua yang sudah disiapkan sebagai lintasan. Ada beberapa lintasan di Goa Jomblang dengan ketinggian yang beragam, mulai dari 40 hingga 80 meter, anda bisa memilih lintasan terpendek agar cepat sampai ke dasar gua.

  • Pesona Hutan Purba

Manakala anda sudah mencapai dasar gua, pemandangan di dasar gua tersebut, dijamin akan membuat siapapun berdecak kagum akan keindahan dan pesona alamnya. Di perut bumi Goa Jomblang inilah terhampar pemandangan pesona hijaunya hutan purba, di hutan ini vegetasi yang hidup tidaklah sama dengan tumbuh-tumbuhan yang ada di atas gua, aneka paku pakuan, lumut, semak dan pepohonan besar yang tumbuh rapat membuat siapapun yang memandang akan memuji kebesaranNYA.

  • Luweng Grubung

Setelah puas menikmati panorama hutan purba yang memukau, penelusuran berlanjut menuju Luweng Grubung melalui mulut gua yang berukuran sangat besar. Antara Hutan Purba Jomblang dengan Grubung dihubungkan dengan sebuah lorong sepanjang 300 meter. Sepanjang perjalanan kita akan melihat berbagai ornamen cantik seperti batu kristal, stalagmit dan stalaktik yang menghiasi lorong dan membuat perjalanan anda tidak bosan.

Setelah anda menempuh perjalanan beberapa saat maka akan terdengar suara gemuruh aliran sungai yang mengalir dengan deras, sebuah sungai bawah tanah yang masih satu sistem dengan Kalisuci. Inilah sebuah mahakarya Sang Pencipta yang begitu mengagumkan, dan pastinya sangat sayang sekali jika tidak membawa kamera saat menikmati moment tersebut.

Lokasi Goa Jomblang

Objek wisata ini terletak di pedukuhan Jetis Wetan, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Desa Pacarejo, tak jauh dari objek wisata Kalisuci Yogyakarta.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Berbicara soal tiket, tak ada tarif masuk yang perlu dibayar mengingat tempat wisata ini adalah tempat terbuka, namun jika anda berkenan menggunakan jasa oprator maka anda harus menyiapkan uang sekitar 450.000 hingga 1.000.000 untuk pembayaran jasa operator dan segala peralatannya, tergantung fasilitas apa yang anda inginkan. Oya, harga tersebut adalah harga yang berlaku untuk satu orang saja ya…

Baca juga: Pesona Obyek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Adapun terkait fasilitas umum. di Goa Jomblang sudah tersedia cukup lengkap, seperti adanya tempat parkir untuk kendaraan bermotor yang terbilang murah, kamar mandi dan toilet serta mushola.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *