Info Lengkap: Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Sebagai salah satu tempat wisata populer di Yogyakarta, pesona yang dimiliki candi Prambanan memang tak perlu diragukan lagi. Berkat daya tariknya yang luar biasa, candi umat Hindu ini bahkan dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, turis dari manca negara pun rela datang jauh-jauh untuk mengunjungi tempat bersejarah nan elok ini dan megah ini.

Daya Tarik Obyek Wisata Candi Prambanan

Ada banyak sekali alasan kenapa kompleks candi Prambanan menjadi salah satu obyek wisata yang high recommended bagi anda. Selain mempunyai panorama yang indah, lokasi yang mudah dijangkau, anda juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan saat berkunjung ke destinasi ini. Apa saja?

  • Menikmati Deretan Candi yang Mempesona

Bisa berjalan kaki dan menikmati deretan candi eksotis yang mempesona pastinya sangat menyenangkan, bukan? Hal ini juga bisa membuat pikiran anda menjadi fresh kembali setelah berbulan-bulan bergelut dengan pekerjaan yang membosankan.

  • Lokasi Fotografi Terbaik

Banyak dari pecinta fotografi yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi favorit untuk berburu foto cantik. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, karena candi Prambanan memang memiliki banyak spot yang indah, gambar yang anda ambil dari sudut mana pun pasti akan terlihat bagus. Terlebih ketika malam hari, ratusan lampu cantik yang tersebar di seantero candi Prambanan, akan membuat candi ini terlihat semakin memesona.

  • Pertunjukan Sendratari Ramayana

Ketika berkunjung pada musim kemarau anda juga bisa menikmati pertunjukan sedratari ramayana yang diadakan di panggung terbuka trimurti. Berlatar belakang tiga candi dewa yang di sorot lampu berwarna keemasan, pertujukan ini dikemas dengan begitu apik,, dan syarat makna sejarah. Anda bisa menikmati pertunjukan ini mulai dari pukul 20.00 sampai 22.00 WIB.

  • Menikmati pemandangan Sunrise Terbaik

Tak hanya di pantai, bagi anda yang senang melihat pemandangan matahari terbit, maka anda juga bisa menikmatinya di candi Prambanan. Dengan adanya ratusan candi yang menjulang tinggi, membuat sinar matahari pagi yang baru menyembul, memantulkan bayang-bayang menakjubkan disertai warna keemasan yang sangat sangat eksotis. Oya, pastikan menikmati momen ini dengan kamera Anda ya, agar bisa mengabadikannya.

Lokasi Candi Prambanan

Berada diantara dua kabupaten dan dua provinsi membuat lokasi candi Prambanan sangat unik. Gerbang utamanya sendiri terletak di kabupaten Klaten, Jawa tengah. Sementara kompleks candi Prambanannya terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari bandara Adi Soecipto anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk sampai ke candi Prambanan. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum seperti bus trans Jogja untuk sampai ke sana.

Fasilitas yang Ada di Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Anda bisa menjumpai deretan hotel di sekitar sini dengan harga bervariasi. Ketika berkunjung ke tempat ini anda juga tak perlu merasa khawatir saat memarkirkan kendaraan karena candi Prambanan memiliki tempat parkir yang sangat luas. Di sekitar candi juga terdapat para penjual souvenir dan cindra mata sebagai oleh-oleh maupun aneka kuliner yang lezat.

Tiket Masuk Obyek Wisata Candi Prambanan

Tiket masuk ke candi Prambanan terbilang cukup terjangkau, yakni 30 ribu untuk orang dewasa dan 12,5 ribu bagi anak-anak. Sangat terjangkau bukan?

Baca juga: Wisata Goa Selarong Yogyakarta: Sejarah, Daya Tarik, Tiket Masuk dan Fasilitas

Jam operasional Candi Prambanan

Candi Prambanan sendiri dibuka pada pukul 06.00 sampai dengan 17.00. Dan pada pukul 20.00-22.00 anda bisa menikmati pementasan sendratari ramayana yang berkisah tentang terbentuknya candi Prambanan.

 

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *