Wisata Alam Curug Gendang Banten, Spot Cantik untuk Para Pecinta Alam

Mungkin nama curug Gendang Banten masih terasa asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, namun tentu tidak bagi warga Banten dan sekitarnya.  Curug Gendang Banten menjadi salah satu alternatif obyek wisata alam menarik yang ada di propinsi Banten. Pada awalnya, Curug Gendang dinamakan Curug Citajur. Namun karena suara air terjunnya mirip gendang yang ditabuh, Curug Citajur beralih nama menjadi Curug Gendang. Oya, air yang mengalir dari curug ini merupakan mata air yang berasal dari Gunung Panganjaran.

Nah, untuk lebih jelasnya terkait obyek wisata curug Gendang Banten ini, berikut kami bagikan review lengkapnya. Silahkan disimak.

Lokasi obyek wisata curug Gendang Banten

Berada pada 170 meter di atas permukaan laut, curug ini terletak di desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang banten. Ketinggian curug ini mencapai 7 meter dengan luas 10 meter dan kedalaman 13 meter. Curug Gendang masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Carita yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 440/Kpts/Um/6/1978 tanggal 15 Juni 1978.

Sebenarnya, selain Curug Gendang, di kawasan Taman Wisata Alam Carita ini juga terdapat satu curug lagi yang dikenal dengan nama Curug Putri atau Curug Tahura. Pada masa penjajahan Belanda, kawasan ini konon digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang.

Rute menuju curug Gendang Banten

Taman Wisata Alam Carita Berjarak sekitar 25 km dari kota Pendeglang. Perjalanan menuju ke sana bisa ditempuh dengan dua jalur yaitu melalui Cilegon – Anyer dengan lama perjalanan sekitar 3 jam atau yang kedua melalui Pandeglang – Carita yang memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Serang.

Taman Wisata Alam Carita berjarak sekitar 4 km dari jalan raya Carita. Setelah sampai di area parkir, perjalanan menuju Curug Gendang akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 1 km.

Meskipun berupa jalan setapak, namun jalanan ini berliku menanjak dan kadang menurun. Permukaan jalan yang berbatu membuatnya tajam dan licin. Ditambah dengan jurang di sebelah kanan dan kiri jalan membuat anda perlu berhati-hati saat melintasinya walaupun beberapa tempat sudah dilengkapi dengan pembatas jalan.

Untuk anda yang mengendarai sepeda motor, anda boleh menaikinya saat melintasi jalan ini sehingga tidak perlu berjalan kaki. Ketika dekat dengan lokasi curug, anda tidak diperkenankan lagi membawa kendaraan apapun. Sudah disediakan penitipan sepeda motor yang jaraknya hanya 250 meter saja dari lokasi curug.

Sebagai informasi, Curug Putri sangat dekat lokasinya dengan Curug Gendang yakni hanya sekitar 100 meter saja. Untuk sampai ke Curug Putri, anda harus melintasi sungai terlebih dahulu. Siapkanlah satu baju kering untuk anda berganti pakaian karena sudah pasti anda akan basah kuyup. Tempat penitipan barang sudah disediakan buat anda yang tidak mau terlalu berat membawa barang ketika melintasi sungai.

Keindahan dan Daya Tarik curug Gendang Banten

Buat anda yang menyukai kegiatan lintas alam pasti sangat suka dengan panorama alam Curug Gendang di Banten ini. Perjalanan yang berliku, menanjak dan menurun serta jurang-jurang curam justru menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Selain itu, selama perjalanan akan terlihat berbagai tanaman liar dan suara-suara binatang yang belum pernah anda dengar sebelumnya. Buat anda penggemar durian, terdapat cukup banyak pohon durian yang bisa anda jumpai. Ditambah dengan kesejukan udaranya, anda pasti suka berlama-lama di sana.

Anda yang gemar dengan fotografi, bisa melihat banyak spot menarik yang bisa menjadi objek anda. Salah satunya adalah lautan luas yang biru di satu sisi dan kaki Gunung Krakatau yang hijau di sisi lainnya akan bisa anda lihat dengan jelas dari jalan setapak yang menuju curug.

Setelah menempuh perjalanan yang sedikit berat namun menyenangkan ini, anda bisa teruskan petualangan anda dengan berendam dalam kolam mata air yang sejuk dan jernih. Tak hanya berenang dan berendam, anda juga bisa berkemah di area khusus yang memang difungsikan sebagai bumi perkemahan.

Tiket masuk obyek wisata curug gendang Banten

Harga tiket masuk disini cukup murah yakni hanya Rp. 15.000,- yang sudah termasuk biaya parkir

Fasilitas yang ada di obyek wisata curug gendang Banten

  1. Tempat Parkir
  2. Penitipan barang dengan tarif Rp. 15.000,- per orang yang sudah termasuk jasa giude.
  3. Pos jaga
  4. Bumi perkemahan dengan tarif Rp. 10.000,- untuk satu malam
  5. Toilet dan kamar Ganti
  6. Warung makanan dan minuman

Khusus untuk anda yang menyukai fotografi, berikut kami bagikan untuk anda beberapa tips yang bermanfaat, agar mendapat view menarik.

1. Pilih kondisi cuaca yang tepat.

Dalam cuaca mendung, anda bisa mendapatkan foto terbaik pada kawasan semacam ini karena awan mendung akan menciptakan kontras pencahayaan rendah yang bisa menyamarkan bercak kasar cahaya dan bayangan air terjun.

Hindari menggunakan flash jika anda memotret pada kondisi seperti ini karena flash justru merusak suasana alami yang telah ada. Sebaiknya, anda juga tidak mengambil gambar dulu jika angin bertiup kencang karena akan mengaburkan latar belakang foto anda yang sebagian besar adalah pepohonan.

2. Jelajahi Hilir

Ketika sampai di lokasi air terjun, anda pasti akan berada tepat di depan air terjun untuk menemukan sudut yang paling bagus saat memotret. Padahal sebenarnya, sisi yang paling bagus akan anda jumpai jika anda menyusuri air terjun sampai ke hilirnya terlebih dahulu.

Misalnya saja, anda mungkin akan menemukan sudut terbaik dengan aliran air terjun yang menuju ke arah anda. Atau bisa saja anda akan memotret sisi air terjun dengan pohon-pohon sebagai bingkainya.

Selain itu, arah pergerakan air yang menuju kamera akan terlihat kuat jika anda berdiri di hilir. Ini akan menciptakan visualisasi terbaik dalam foto anda.

Baca juga: Tradisi Nyongkolan, Ritual Adat Pengantin Suku Sasak Lombok

Nah, menarik bukan pesona wisata di curug Gendang Banten  di atas? So, tunggu apa lagi, segera persiapkan jadwal Anda untuk berlibur ke sana.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *