Daftar Tempat Makan Enak dan Terfavorit di Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Dan itu sudah tak perlu diragukan lagi. Dan ternyata bukan hanya pesona wisata alam  dan biota lautnya saja, namun ternyata Pulau Lombok juga terkenal dengan ragam wisata kuliner yang menyuguhkan ragam makanan khas suku Sasak dengan rasa yang nikmat.  Nah, buat anda yang sedang berlibur di Lombok, dan sedang membutuhkan referensi mengenai tempat makan enak di sana, maka rangkuman berikut ini bisa menjadi jawaban anda.

Daftar Tempat Makan Enak di Lombok

Rumah Makan Dua-EM Bersaudara ( Jalan Transmigas 99 Mataram )

Rumah Makan Dua-EM Bersaudara menjadi tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat liburan ke pulau Lombok. Rumah makan ini akan menyajikan makanan khas Lombok berupa Plencing Kangkung. Makanan ini terbuat dari sayur kangkung air segar yang direbus dan disajikan dengan beberapa sayuran tambahan seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng atau urap serta sambal tomat yang dibuat spesial dari bahan tomat, garam, cabai rawit, urap dan terasi Lengkare khas Lombok. Jenis terasi ini yang akan memperkaya cita rasa plencing kangkung dengan rasa yang lebih gurih dan manis.

Dalam penyajiannya, Plencing Kangkung akan dibuat dalam bentuk lingkaran besar yang mengerucut kecil ke bagian atas yang akan memperlihatkan komponen menu makanan ini. Kangkung rebus segar diletakkan dalam lingkaran yang paling besar dengan bagian atas yang akan dihiasi dengan tauge, kacang goreng dan sambal tomat yang akan menutupi kacang goreng. Keistimewaan menu Pleci Kangkung dapat dinikmati dengan harga Rp.10.000 per porsi.

Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama ( Jalan Ade Irma Suryani No.10 Cakranegara )

Ayam bakar taliwang merupakan salah satu menu makanan khas terbaik Pulau Lombok. Menu makanan ini terbuat dari ayam kampung muda yang diolah dan disajikan secara khusus. Ayam kampung akan diolah secara utuh baik dengan cara digoreng, dipanggang ataupun dibakar dengan menggunakan jenis kayu bakar dari pohon kopi dan pohon nangka.

Para wisatawan dapat menikmati kelezetan menu khas pulau Lombok ini dengan mengunjungi Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang terletak di jalan Ade Irma Suryani No. 10 Cakranegara.

Depot Kelebet ( Jalan HOS Cokroaminoto – Belakang Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat ).

Depot Kelebet merupakan salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di Pulau Lombok. Rumah makanan ini akan menyajikan menu Bebalung yang merupakan menu makanan terbaik dan menjadi salah satu makanan khas terbaik pulau Lombok.

Menu Bebalung terbuat dari tulang iga kerbau atau sapi yang diolah dengan racikan bumbu ragi rajang yang terdiri dari campuran bawang putih, cabe rawit, lengkuas, bawang merah, kunyit, jahe yang ditambahkan sedikit garam dan asam jawa. Dengan membayar uang Rp.25.000, para wisatawan sudah dapat menikmati sejuta rasa kelezatan tulang iga kerbau atau sapi khas depot yang berdiri sejak tahun 1976 ini.

Rumah Makan Cahaya ( Jl. By Pass Batujai Loteng )

Saat liburan ke Pulau Lombok, para wisatawan wajib untuk mengunjungi Rumah Makan Cahaya yang terletak di jalan By Pass Batujai Loteng, Lombok Tengah. Rumah makan ini bisa menjadi alternatif sebagai tempat makan siang dengan menu khas Nasi Balap Puyung yang memiliki tampilan seperti nasi rames. Nasi yang dijual dengan harga Rp.15.000 per porsi ini berisi ayam goreng, ayam sewir pedas, buncis dan kentang goreng yang dengan ukuran yang tipis.

Baca juga: Pantai Mawi, Pantai Tersembunyi nan Cantik Alami di Lombok Tengah

Warung Sate Bulayak Suranadi ( Jalan Udayana – Komplek Taman Wisata Suranadi )

Warung Sate Bulayak Suranadi menjadi destinasi wisata kuliner favorit wisatawan yang mencari menu sate dengan rasa yang lezat. Sate Bulayak terbuat dari potongan usus dan hati sapi yang disajikan dengan bumbu kacang kental khas suku Sasak dengan aroma jintan, cabe dan ketumbar yang kuat. Sate Bulayak dijual dengan harga Rp.25.00 per porsi dengan tambahan berupa lontong yang dibalut dengan daun kering berbentuk spiral.

Itulah diatas deretan tempat makan enak yang ada di Lombok. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *