Menikmati Keindahan Pantai Mawun di Lombok Tengah

Jika hendak membahas destinasi wisata di Lombok memang sebaiknya  menyediakan waktu yang cukup banyak terlebih dahulu. Mengapa? Karena Lombok memiliki banyak sekali objek wisata dan hampir semua objek wisata tersebut berhasil membuat pengunjungnya berdecak kagum.

Dan diantara sekian banyak objek wisata di Lombok yang kini mulai tenar dikalangan wisatawan, ada satu nama pantai yang keindahannya seolah ditutupi oleh nama pantai lain yang sudah tenar terlebih dahulu. Pantai yang kami maksud adalah Pantai Mawun yang ada di Lombok Tengah.

Nah penasaran keindahan apa saja yang didapat jika berkunjung ke sana? Berikut review selengkapnya mengenai pantai Mawun dan sejuta pesonanta.

Lokasi Pantai Mawun

Pantai Mawun ini terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Mataram, waktu yang Anda butuhkan untuk bisa mencapai pantai ini sekitar 1,5 jam saja dengan jarak tempuhnya  kira-kira 60 kilometer. Dan rute yang bisa Anda ambil adalah sebagai berikut, Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Penujak – Selong Belanak dan Anda akan sampai di Pantai Mawun.

Keistimewaan yang Dimiliki Pantai Mawun

Pantai Mawun sebenarnya masih merupakan bagian dari teluk sehingga jika Anda perhatikan dari ketinggian, pantai ini memiliki garis pantai yang bentuknya hampir mirip dengan tapal kuda, dimana di kedua sisinya diapit oleh 2 buah bukit. Kedua bukit tersebut adalah Bukit Pengolo di sebelah timur dan Bukit Nettem di sebelah barat.

Pantai Mawun juga memiliki pasir putih yang sangat lembut di bagian tengah sehingga, jika Anda menjejakkan kaki secara langsung di atas pasir ini dan tanpa menggunakan alas kaki, kaki Anda tidak akan terluka. Namun berbeda halnya dengan pasir yang ada di Pantai Mawun bagian barat. Di bagian barat ini pasirnya agak kasar dan sudah tercampur dengan pecahan karang. Sehingga sebaiknya Anda tidak melepas alas kaki Anda saat berada di pantai bagian ini, karena sangat berpotensi untuk menyebabkan kaki Anda terluka.

Anda ingin berenang? Bisa kok, tetapi hendaknya Anda memilih sisi barat atau sisi timur dari Pantai Mawun karena di kedua sisi inilah ombaknya relatif tenang. Dan sebaiknya Anda tidak mencoba berenang di bagian tengah Pantai Mawun karena bagian tengah ini posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga sudah bisa dipastikan ombaknya relatif lebih besar dan kurang aman untuk berenang.

Kalaupun Anda hanya ingin bersantai di pantai ini, waktu yang kami rekomendasikan adalah saat pagi hari dan sore hari, karena di saat itulah suasana Pantai Mawun lebih sejuk dan lebih tenang. Dan pastinya di  jam-jam tersebut Anda bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise yang mempesona.

Baca juga: Wisata Sejarah Kota Tua Di Kawasan Ampenan Kuno Lombok

Berbagai Aktifitas yang Bisa dilakukan di Pantai Mawun

Diatas kami telah membahas mengenai keistimewaan Pantai Mawun, dan dengan segala keistimewaan tersebut akan memungkinkan pengunjung untuk melakukan beberapa aktifitas liburan yang menyenangkan, antara lain:

  1. Menikmati keindahan Pantai Mawun sekalian melakukan aktifitas fotografi
  2. Bermain pasir di bagian tengah
  3. Berenang di sisi sebelah barat atau sisi sebelah timur Pantai Mawun
  4. Bersantai di Pantai Mawun saat pagi hari atau sore hari

Nah, itulah ulasan kami mengenai Pantai Mawun. Meskipun pantai ini bisa dibilang kurang begitu terkenal di kalangan wisatawan, tapi Pantai Mawun tampaknya terus berbenah dan juga berupaya untuk menambah banyak fasilitas, dengan harapan pantai ini juga akan menjadi destinasi wisata yang banyak digandrungi wisatawan, layaknya pantai Senggigi.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *