Pantai Mawi, Pantai Tersembunyi nan Cantik Alami di Lombok Tengah

Tak berlebihan jika Lombok dianggap sebagai pesaing berat pulau Bali dalam hal wisata. Terlebih saat ini Lombok seakan mulai bangkit dan berbenah diri demi memantaskan diri menjadi pulau wisata terbaik di Indonesia. Nah, berbicara mengenai pantai di Lombok, mungkin yang familiar di telinga Anda hanya pantai Senggigi, Selong Belanak, dan Tanung Aan saja, padahal masih banyak lagi pantai mempesona lainnya yang tak kalah menarik dari 3 nama tersebut. Yang mana salah satunya adalah Pantai Mawi.

Akses Menuju ke Pantai Mawi

Pantai Mawi terletak di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Pantai ini berjarak sekitar 16 kilometer jauhnya dari Bandara Internasional Lombok dan berada di tengah-tengah antara Pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak, yang tentunya ketiga pantai tersebut bisa Anda jadikan sebagai tujuan berlibur yang menyenangkan.

Lokasi Pantai Mawi seolah-olah tersembunyi di balik deretan perbukitan, sehingga Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mencapai pantai ini. Apalagi masih didukung dengan kondisi jalan yang kurang bagus, yang jika musim kemarau sangat berdebu dan di musim penghujan berlumpur, dan seolah menjadi tempat serta kondisi yang sempurna untuk menyembunyikan kecantikan Pantai Mawi.

Keistimewaan Pantai Mawi

Meskipun Anda harus berjuang cukup keras untuk sampai ke Pantai Mawi sesuai dengan yang kami sampaikan pada poin sebelumnya, tetapi perjuangan Anda tersebut akan segera terbayar lunas dengan keindahan Pantai Mawi. Dari lokasi Pantai ini, Anda akan bisa melihat Pantai Selong Belanak berikut bukit-bukit kecil yang hijau di sisi kanan dan kiri pantai.

Pantai Mawi juga memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan masih dilengkapi dengan air laut yang biru dan jernih. Namun, ombak yang dimiliki oleh Pantai Mawi ini cukup besar, sehingga tidak heran jika pantai ini menjadi tujuan banyak wisatawan yang hobi berselancar.

Aktifitas yang Bisa dilakukan di Pantai Mawi

Ada banyak sekali aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat Anda berada di Pantai Mawi ini, antara lain:

1. Bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan dan deburan ombak

Ini adalah aktifitas yang masih banyak dilakukan oleh orang-orang saat berada di pantai, termasuk Pantai Mawi. Di sekitar pantai ini ada banyak berugak, yakni semacam gazebo kecil yang sangat bisa Anda manfaatkan untuk aktifitas yang satu ini.

2. Berselancar

Karena ombak yang dimiliki Pantai Mawi adalah ombak yang lumayan besar, tentu sangat memungkinkan Anda untuk melakukan surfing. Waktu yang kami rekomendasikan untuk Anda berselancar di Pantai Mawi ini adalah sekitar bulan Mei hingga Oktober, karena di bulan-bulan inilah ombak terbaik Pantai Mawi muncul.

Namun, bagi Anda yang baru belajar berselancar, jangan mencoba untuk berselancar di pantai ini ya, karena ombak besarnya kurang aman bagi pemula dan bagi yang masih baru belajar. Sebagai gantinya, Anda bisa mendatangi pantai tetangga, yakni Pantai Selong Belanak, yang ombaknya jauh lebih bersahabat bagi peselancar pemula.

3. Naik ke Atas Bukit

Ingin menikmati pemandangan Pantai Mawi dari ketinggian? Anda bisa mendaki bukit yang ada di sebelah kanan dan kiri pantai. Memang mendaki itu agak melelahkan sih, tetapi kelelahan Anda tersebut akan segera digantikan dengan kepuasan akan pemandangan yang ditampilkan dari atas bukit.

Sangat mengasyikkan bukan pesona Pantai Mawi ini? Jadi, jangan sampai lewatkan pantai tersembunyi ini saat anda sedang berlibur ke pulau Lombok.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *