Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Lombok

Rasanya kurang lengkap apabila anda pergi berlibur ke Lombok hanya untuk menikmati wisata alam dan kulinernya saja. Lombok tidak hanya menyajikan keindahan alam dan lezatnya cita rasa kulinernya saja, hasil kerajinan tangan yang ada di Lombok juga patut untuk anda jadikan oleh-oleh saat anda berlibur disana.

Nah, jika anda bingung memilih kerajinan tangan apa yang khas dari Lombok, yang unik dan menarik dijadikan oleh-oleh, berikut telah kami rangkum beberapa jenis kerajinan yang bisa Anda jadikan referensi. Kerajinan apa sajakah itu?

Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Lombok

  1. Kerajinan Tenun Songket Lombok

Terdapat sebuah desa bernama Desa Sukarare, terletak sekitar 20 Km dari kota Mataram yang sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Bukan karena kuliner atau alamnya, tapi melainkan karena kerajinan tangan khas daerah tersebut yaitu Kerajinan Tenun Songket.

Sebagian besar warga Desa Sukarare yang bekerja sebagai penenun kain Songket. Hal inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjungi desa tersebut. Selain anda bisa membeli kain tenun Songket, di Desa Sukarare anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan Kain Tenun Songket yang diperagakan oleh warga sekitar.

  1. Kerajinan Gerabah Tanah Liat Lombok

Jika anda menyukai kerajinan tangan dari Gerabah Tanah Liat, anda bisa datang langsung menuju Desa Banyumulek. Di desa ini anda bisa mendapatkan berbagai macam hasil kerajinan Gerabah dengan berbagai model tentunya. Desa Banyumulek ini sudah terkenal akan hasil kerajinan gerabahnya sejak lama. Kemempuan para pengrajin Gerabah sendiri mereka dapatkan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Bahkan, gerabah Tanah Liat Lombok ini sendiri sudah terkenal sampai ke manca Negara karena keindahan dan kualitasnya. Di Lombok sendiri, tidak hanya Desa Banyumulek saja yang terkenal akan hasil Gerabahya. Anda juga bisa mengunjungi Desa Masbagik, dan Desa Penujak. Di dua desa tersebut, Anda juga bisa memilih berbagai macam bentuk kerajinan Gerabah Tanah Liat sekaligus proses pembuatannya.

  1. Mutiara Lombok

Jika kita berbicara tentang Mutiara Lombok, pastinya tidak akan diragukan kualitasnya. Mutiara Lombok sendiri masuk dalam kategori South Sea Pearl atau kategori mutiara terbaik. Hal inilah yang membuat Mutiara Lombok sangat terkenal dan bahkan mampu bersaing dengan negara-negara penghasil mutiara terbaik di dunia.

Jika anda penasaran dengan hasil mutiara yang ada di Lombook, anda bisa lagnsung datang ke daerah Sekotong. Akan tetapi, jalan yang harus dilalui menuju tempat ini masih kurang begitu bagus dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Di Sekotong sendiri anda juga bisa belajar tentang bagaimana cara budidaya Mutiara. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi untuk melihat cara budi daya mutiara adalah PT. Budaya Mutiara. Nah untuk anda yang tertarik untuk membeli mutiara atapun hasil kerajinan mutiara, bisa juga datang langung ke kawasan Sekarbela, sekitar empat kilometer dari Kota Mataram.

  1. Kerajinan Cukli Rungkang Jangkuk

Rungkang Jangkuk sendiri merupakan daerah yang berada dikelurahan Sayang Sayang, Kota Mataram. Bagi anda pecinta barang barang antik, anda bisa datang ke Rungkang Jangkuk. Berbagai benda benda antik tersedia disini. Sebelumnya daerah ini terkenal dengan kerajinan Kotak Antik. Kotak yang dibuat dari pelepah arena atau pandan yang kemudian diberi beberapa hiasan. Akan tetapi, daya tarik benda ini kalah dengan Kerajinan Cukli yang juga berasal dari Rungkang Jangkuk.

Cukli sendiri adalah nama dari kerang laut yang mempunyai cangkang yang keras dan berwarna putih gading. Dari cangkang kerang inilah Kerajinan Cukli dibuat. Kulit kerang yang dipotong kecil kecil berbentuk wajik kemudian dibersihkan dan dihaluskan ini dijadikan hiasan untuk beberapa ornament seperti almari, meja, kursi, dan beberapa perabot lainnya. Harga dari kerajinan inipun bervariasi, tergantung dari bentuk dan ukurannya.

Nah, sangat menarik bukan? Jadi, buat anda yang sedang berlibur ke Lombok tentunya akan sangat sayang bila tak membeli berbagai kerajinan khas diatas untuk oleh-oleh sanak keluarga di rumah ataupun untuk dijadikan pajangan sendiri.

 

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *