Ini Dia 9 Air Terjun Terindah dan Terfavorit  di Lombok

Karena karateristik pulaunya yang memiliki kawasan pegunungan dan banyak bukit menjadikan pulau Lombok sebagai gudangnya air terjun. Dan pastinya keindahan setiap air terjunnya tidak perlu diragukan lagi. Nah, berbicara mengenai air terjun di Lombok, berikut adalah 9 air terjun terbaik dan paling mempesona di Lombok yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Deretan Air Terjun Terbaik di Pulau Lombok

  1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile memiliki ketinggian 35 meter. Anda dapat menuju air terjun ini sekitar 15 menit dari jalur trekking ke gunung Rinjani. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena jalan sudah diberi tanda menuju air terjun. Kurang lebih 500 anak tangga harus dilewati untuk melihat air terjun Sendang Gile. Selain pemandangannya yang indah, masyarakat percaya bahwa air terjun Sendang Gile dapat membuat awet muda jika Anda mandi atau sekadar membasuh wajah.

  1. Air Terjun Mayung Putek

Ketinggian air terjun Mayung Putek sekitar 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi dan aliran air yang sangat deras, ternyata airnya mengandung belerang dari gunung Rinjani yang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam sakit kulit.

  1. Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Ketinggian air terjun ini mencapai 42 meter dan memiliki tingkatan. Aliran airnya cukup deras dan besar, namun kedalaman kolam hanya setinggi pinggang orang dewasa. Jarak air terjun ini dari Mataram kurang lebih 60 km.

  1. Air Terjun Tiu Teja

Air terjun Tiu Teja berada di desa Santong, kecamatan Kayangan. Ketinggian air terjun mencapai 40 meter dengan lebar 10 meter. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang dapat dijadikan tempat berenang. Kurang lebih 35 km bila Anda menempuh perjalanan dari Bangsal.

  1. Air Terjun Tiu Pupas

Air terjun Tiu Pupas terletak di desa Genggaleng, kecamatan Gangga. Ketinggian air terjun ini mencapai 50 meter dengan kedalaman kolam 4 meter dan luasnya 100 meter persegi. Lokasi air terjun ini jarang banyak yang tau oleh karnanya kealamiannya masih terjaga.

  1. Air Terjun Jeruk Manis atau Jukut

Ketinggian air  terjun Jeruk Manis sekitar 40 meter dengan curah air yang besar. Lokasi air terjun ini berada di bawah kaki gunung Rinjani, sebelah selatan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun ini merupakan titik awal yang dapat digunakan untuk mendaki gunung Rinjani.[rpi]

  1. Air Terjun Batara Lejang

Air terjun Batara Lejang terletak di hulu atas air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Lokasi air terjun ini jarang di datangi wisatawan karena belum banyak terekspos. Selain air terjun, terdapat sumber air panas yang dapat Anda jadikan sebagai relaksasi tubuh. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus melewati jalur pendakian ke gunung Rinjani. Dari pintu rimba terdapat jalan setapak menju air terjun Batara Lejang.

  1. Air Terjun Joben

Air terjun Joben terletak di desa Montong Betok, kecamatan Montong Gading, kabupaten Lombok Timur. Ketinggian air terjun relative pendek dari air terjun lainnya, yaitu 5 meter. Air terjun ini keluar dari akar pohon Banjur yang berusia ratusan tahun. Air terjun Joben dipercaya mampu menyembuhkan penyakit. Jika buih air menyentuh kulit Anda dan menimbulkan bercak warna putih, artinya badan Anda terkena penyakit. Oleh karenanya banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

  1. Air Terjun Geripak

Air terjun Geripak berada di ketinggian 500 mdpl. Biasanya wisatawan melewati rute dari desa Dopang kemudian menelusuri punggung bukit Segembong dan menuju ke Berugak Elen. Sesampainya disana Anda akan menjumpai air terjun Geripak, yang tentunya tak kalah mempesona dengan deretan air terjun sebelumnya.

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Mawun di Lombok Tengah

Nah itulah diatas 9 air terjun terbaik dan terindah di pulau Lombok. Semoga bisa menjadi referensi buat Anda, terutama yang sedang berlibur di Lombok dan penyuka wisata air terjun..

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *