10 Air Terjun Mempesona di Sekitaran Gunung Rinjani Lombok

Daya Tarik yang dimiliki Lombok bukan hanya mengenai wisata laut dan Gilinya saja. Walau yang selalu identik dengan Lombok adalah pantai Senggigi dan Gili Trawangan, namun faktanya, masih banyak lagi tujuan wisata menarik di luar itu. Yang mana salah satunya adalah wisata air terjun yang letaknya di sekitaran Gunung Rinjani. Jadi selain menikmati pesona Gunung Rinjani, anda bisa sekalian menikmati keindahan air terjunnya.

Air Terjun di Sekitar Gunung Rinjani

Berikut ini kami bagikan ulasan mengenai 10 air terjun di sekitar Gunung Rinjani Lombok yang sangat indah mempesona yang tentunya jangan sampai Anda lewatkan saat sedang mendaki Rinjani :

  1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini ditemukan oleh warga yang sedang memburu singa gila yang masuk ke sebuah kampung mengacaukan kampung dan kemudian masuk kembali ke dalam hutan. Air terjun dengan ketinggian sekitar 32 meter ini sangat indah pemandangannta. Dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dari pintu masuk, untuk bisa menikmati sejuk dan segarnya air terjun.

  1. Air Terjun Tiu Kelep, Senaru

Berikutnya adalah Air terjun Tiu Kelep. Air terjun ini masih berdekatan dengan air terjun Sendang Gile. Untuk menuju lokasi air terjun ini, pintu masuknya sama dengan air terjun Sendang Gile, yaitu di depan rumah makan Galang  Ijo. Untuk bisa sampai ke air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan yang hampir menyerupai terowongan air. Dan tentunya sensasi perjalanan melewati terowongan air ini memberikan sensasi tersendiri, Anda akan berjalan dalam kegelapan hanya dengan cahaya senter. Namun jika Anda tak suka gelap-gelapan Anda bisa melalui jalan lain, yaitu menyusuri jalan setapak, namun Anda harus hati-hati karena batuan di sungainya licin.

Namun sulitnya perjalanan yang Anda tempuh tersebut tak akan sia-sia. Begitu memasuki area air terjun Anda akan terkesima dengan segala pesona air terjun yang begitu memukau.

  1. Air Terjun Penimbungan

Berikutnya adalah air terjun Torean. Seperti dua air terjun sebelumnya, air terjun ini juga memiliki view yang mempesona. Bila anda melalui mendaki Rinjani melalui rute Sembalun dan Senaru perjalanan ke pintu masuknya kurang lebih hanya memakan waktu 2 jam. Sangat menarik jika anda ingin melihat view cantiknya Gunung Rinjani dengan rute Torean ini.

  1. Air Terjun Aik Genit

Air terjun berikutnya adalah Air Terjun Aik Genit. Satu jam perjalanan dari air terjun Penimbungan, Anda akan sampai pada air terjun ini.

  1. Air Terjun Pancor Mas

Letaknya air terjun ini cukup jauh dari jalur setapak hiking, oleh karena itu air terjun Pancor Mas jarang dikunjung oleh para wisatawan. Sebenarnya untuk menuju ke air terjun ini tidaklah terlalu sulit, kurang lebih hanya setengah jam perjalanan dari air terjun Aik Genit, dan dari kejahuan akan nampak sebuah air terjun eksotis yang masih terjaga kealamiannya.

  1. Air Terjun Panas Dingin Goa Susu

Masih di jalur Torean, tidak jauh dari Goa Susu, Anda akan menemukan air terjun yang mengalirkan air panas. Air terjun dengan air panas ini tentunya sangat bagus untuk untuk mandi dan memulihkan rasa pegal dan letih Anda selama pendakian Rinjani.

  1. Air Terjun Tiu Pupus,

Nama air terjun ini yaitu Tiu Pupus memiliki makna yaitu , Tiu berarti genangan air dan pupus artinya sebuah akar  yang nampak dari sebatang pohon di tebing sungai. Jadi dapat anda bayangkan baimana uniknya pemandangan di air terjun ini. Air terjun Tiu Pupus tingginya sekitar 50 meter dan daya tarik lainnya adalah karena mempunyai kolam bawah air terjun yang sangat luas. Kawasan ini juga memiliki udara yang cukup dingin karena berada di area pegunungan.

  1. Air Terjun Gangga

Air Terjun di Lombok Utara  cukup banyak dan jaraknya pun tidak berjauhan, salah satunya adalah  Air Terjun Gangga. Tak kalah dengan pesona air terjun lainnya, air terjun ini juga memiliki keunikan tersendiri. Pemandangan persawahan dari tebing yang tinggi semakin menambah eksotis dan daya tarik dari air terjun ini.

  1. Air Terjun Sekeper

Ai terjun Sekeper ini masih sangat alami dan belum terlalu ramai oleh para wisatawan. Ini karena lokasi dari air terjun ini cukup tersembunyi, dan daya tarik dari air terjun ini, karena konon Sekeper merupakan air terjun tertinggi di Pulau Lombok.

  1. Air Terjun Jeruk Manis

Dari sekian banyaknya air terjun yang ada di kawasan gunung Rinjani, air terjun Jeruk Manis yang bisa dibilang sudah mendapat sentuhan sana-sini dari pihak pengelola sehingga cukup banyak dikunjungi wisatawan. Di sekitar air terjun sudah banyak tersedia homestay, cottage, restoran dan fasilitas umum lainnya. Selain itu akses menuju destinasi ini juga sangat mudah dibanding air terjun lainnya di sekitaran Rinjani.

Baca juga: 6 Tanjung Eksotis Nan Mempesona di Pulau Lombok

Nah itulah diatas review dari 10 air terjun di sekitar gunung rinjani Lombok yang sangat sayang dilewatkan. Tentunya Anda sudah tak sabar kan ingin segera mengunjunginya?

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *