9 Gili di Lombok Paling Populer yang Menawarkan Sejuta Pesona

Berlibur di Indonesia tidak harus melulu ke Pulau Bali. Masih banyak tempat yang bisa dikunjungi. Nah, bergeser sedikit dari Bali, Anda bisa menjelajahi keindahan alam di berbagai lokasi wisata di pulau Lombok. Pulau kecil atau gili di sekitarnya pun menjadi daya tarik tersendiri yang bahkan telah memikat ribuan turis mancanegara tiap bulannya.

Nah, sebagai referensi berikut ini telah kami rangkum 9 Gili terfavorit di pulau Lombok yang menawarkan sejuta pesona kenidahan tiada dua.

1. Gili Trawangan

Di antara gili lainnya, Gili Trawangan merupakan gili yang paling populer. Meskipun menjadi destinasi terpopuler, kawasan pantainya masih sangat alami dan bebas dari pedagang asongan. Udara yang ada pun bebas dari polusi.

Jika Anda mencari destinasi wisata dengan panorama pantai yang menawan dan suasana yang tenang, maka lokasi Gili Trawangan bisa menjadi pilihan yang pas. Datanglah ke pulau kecil ini, dan bersiaplah! Anda akan disuguhi panorama laut dengan gradasi warna biru dan hijau yang cantik, serta luasnya hamparan pasir putih yang menawan.

Beragam aktivitas dapat Anda lakukan disini. Mulai dari berenang, snorkeling, hingga diving. Pemandangan alam bawah laut Gili Trawangan pun sudah diakui banyak orang lho! Jika Anda tidak ingin berbasah-basahan, berjemur atau sekedar berkeliling pulau dengan menggunakan Cidomo bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, fasilitas yang ada di pulau ini sudah sangat lengkap. Jadi, Anda tak perlu khawatir.

2. Gili Meno

Berkunjung ke Gili Meno, Anda dapat mendatangi danau garam dan menjajal spot menyelam yang sangat keren seperti Meno Wall, Point Coral Blue, serta Sea Point Penyu. Anda juga bisa snorkeling bersama ikan-ikan kecil nan cantik dan beragam spesies terumbu karang yang berwarna-warni. Apalagi, Anda juga dapat menjumpai penyu yang berkeliaran bebas di bawah permukaan laut indah.

Belum lagi jika Anda cukup beruntung untuk menemukan gerombolan school fish yang sedang lewat. Namun, fasilitasnya belum selengkap Gili Trawangan. Jadi, siapkanlah persediaan sendiri bila Anda ingin berkunjung kesini.

3. Gili Air

Gili Air menyuguhkan pesona bawah laut yang mengesankan. Jika Anda hobi menyelam, pulau kecil ini wajib hukumnya untuk dikunjungi. Sebab, banyak sekali spot diving dan snorkeling yang bisa Anda jelajahi.

Fasilitas menyelam disini pun sudah cukup memadai, Anda bisa dengan mudah menyewa peralatan menyelam dan pemandu selam disini. Pemandangan bawah laut yang oke punya dijamin akan memanjakan mata Anda. Ditemani ikan-ikan cantik yang berenang, Anda akan dibuat betah.

4. Gili Asahan

Tak kalah dengan ketiga gili sebelumnya, Gili Asahan hadir dengan berbagai spot diving yang menjadi andalannya seperti secret garden, sanking point dan Belongan.

Pemandangan alam bawah laut disini pun sangat menawan, cocok banget bagi Anda yang hobi fotografi. Anda juga bisa mengabadikan keindahan terumbu karang dan beragam jenis ikan yang berenang. Selain itu, ada juga nudibranch yang selalu menjadi incaran favorit para penyelam di secret garden. Dijamin, Anda tidak akan menyesal deh.

5. Gili Kondo

Cukup bereksplorasi bawah laut, Anda bisa datang ke Gili Kondo. Panorama pasir putih yang terhampar, disertai warna gradasi laut yang indah, serta cerahnya langit akan mampu menghipnotis Anda seketika. Anda bisa menengok terumbu karang yang cantik tanpa harus menyelam lantaran air laut disini sangatlah jernih. Disini, banyak wisatawan asing memilih untuk berjemur dan bersantai.

6. Gili Tangkong

Selanjutnya adalah Gili Tangkong yang menawarkan kesunyian yang indah. Anda bisa dengan leluasa menikmati panorama bawah laut dengan snorkeling atau sekedar bermain air dan berenang. Indahnya pemandangan pulau kecil ini masih sangat alami. Anda juga bisa menikmati suasana layaknya berada di pulau pribadi lho! Meskipun tergolong sepi, terdapat fasilitas seperti tempat makan dan penyewaan alat snorkeling. Menarik kan?

7. Gili Sunut

Hampir sama degan Gili Tangkong, Gili Sunut juga masih belum terlalu dikenal. Walaupun begitu, Anda akan disuguhi keindahan yang luar biasa di area bagian belakang pulau. Pasir pantai yang putih dengan air laut yang berwarna biru kehijauan serta ombak yang tenang, benar-benar menggambarkan panorama sempurna. Anda bisa bersantai atau snorkeling disini. Di sebelah timur pulau, Anda juga bisa melihat budidaya kerang mutiara. Seru banget deh!

8. Gili Nanggu

Lagi-lagi, pemandangan bawah laut menawan ditawarkan gili yang satu ini. Yup, Gili Nanggu. Belum banyak terjamah oleh para wisatawan, pulau kecil ini menyimpan eksotisme biota laut yang bisa Anda nikmati dengan menyelam. Namun, jika tidak ingin menyelam, Anda juga bisa menikmati panorama lautan seraya memberi makan ikan-ikan kecil di tepian pantai.

9. Gili Kedis

Gili yang terakhir adalah Gili Kedis. Rasakanlah sensasi private beach jika berada disini. Pulau yang memiliki luas tak lebih dari 100 meter ini bisa Anda kelilingi hanya dalam waktu 5 menit saja!

Pemandangan indah bawah laut bisa Anda nikmati hanya dengan berenang atau ber-snorkeling saja. Anda juga akan dimanjakan dengan panorama sunrise dan sunset yang menakjubkan. Jika ingin datang kesini, pastikan Anda membawa bekal yang memadai karena tidak tersedia toko satupun.

Baca juga: Bukit Merese, Bukit Indah dari Lombok Tengah yang Penuh Daya Tarik

Nah, itulah 9 gili yang bisa Anda jadikan tujuan liburan menyenangkan bersama keluarga saat ke pulau Lombok. Pastinya sudah tak sabar kan ingin mengunjunginya?

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *