7 Tempat Wisata Penuh Mitos di Lombok

Bukan hanya terkenal akan pesona alamnya yang memukau, Pulau Lombok juga terdapat banyak tempat wisata yang terkenal akan berbagai macam mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Nah, penasaran tempat wisata apa saja yang dimaksud, dan apa sajakah mitosnya? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Makam Selaparang

Makam Selaparan terletak di kecamatan Swela, kabupaten Lombok Timur dan kurang lebih sekitar 65 km dari kota Mataram. Untuk masuk ke dalam makam, anda akan dikenai biaya Rp. 5 ribu per orang. Peraturan yang diterapkan disana harus ditaati oleh semua pengunjung. Beberapa aturan tersebut antara lain dilarang memotret, wajib mengenakan baju yang sopan, melepas alas kaki, dan bagi wanita yang sedang menstruasi dilarang memasuki wilayah makam.

Tradisi ziarah ke makam Selaparang masih dilakukan hingga saat ini terlebih jika musim keberangkatan jamaah haji, makam ini akan dipadati pengunjung. Terdapat 3 makam ternama di area makam Selaparang, yaitu makam Raja Selaparang, makam orang tua Raja Selaparang, dan makam patih Gajah Mada. Di ketiga makam tersebut pengunjung biasa menaburkan bunga dan membasuh wajah dengan air yang disediakan. Menurut masyarakat, seorang lajang yang membasuh wajahnya di sana akan cepat mendapatkan jodoh.

  1. Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Ketinggian air terjun ini mencapai 42 meter dengan bentuknya yang bertingkat-tingkat. Air yang mengalir cukup kuat dan besar, namun kolam di bawah air terjun tidak terlalu dalam, hanya berkisar sepinggang orang dewasa. Arti nama Kelep sendiri yaitu Terbang yang berasal dari bahasa Sasak. Banyak yang percaya bahwa mandi di air terjun Tiu Kelep akan membuat awet anda muda.

  1. Taman Narmada

Taman Narmada terletak di desa Lembuah, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat atau berada kurang lebih 10 km dari arah timur kota Mataram. Taman ini dibangun pada tahun 1805 oleh raja Mataram Lombok Anak Agung Ngurah Karangasem. Awalnya taman ini dibangun untuk melaksanakan upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Cakra. Masyarakat percaya bahwa air di dalam kolam taman Narmada dapat membuat awet muda. Tidak heran jika banyak wisatawan yang mandi ataupun cuci muka di sekitar kolam. Rasa segar yang dihasilkan air di taman Narmada berasal dari kandungan mineral yang cukup tinggi.

  1. Makam Loang Baloq

Makam Loang Baloq menjadi terkenal dan istimewa karena dijadikan tempat istirahat terakhir Maulana Syech Gaus Abdurrazak, Anak Yatim, dan Datuk Laut. Mereka merupakan penyebar agama Islam yang terkenal di Pulau Lombok. Selain melakukan ziarah, ritual potong rambut bagi anak balita kerap dilakukan disana, tak hanya itu banyak pula pengunjung yang melakukan nazar dan berdoa di makam.

  1. Taman Nasional Gunung Rinjani

Wisata taman Nasional Gunung Rinjani merupaka lokasi wisata yang paling digemari di Lombok, karena merupakan gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia. Masyarakat Hindu percaya bahwa puncak gunung Rinjani merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk menjaga tata karma saat mendaki gunung Rinjani.

  1. Air Terjun Jeruk Manis

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan curah air yang besar dan jernih. Obyek wisata air terjun ini berada di kaki gunung Rinjani sebelah selatan kawasan konservasi. Menurut cerita, air terjun ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit terutama untuk menyuburkan rambut. Untuk pengobatan, biasanya dilakukan upacara yang dipimpin oleh pemangku adat.

  1. Air Terjun Mayung Putek

Air terjun Mayung Putek terletak di desa Sajang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Keistimewaan air terjun ini yaitu mengandung belerang. Arti Mayung Putek sendiri yaitu rusa putih. Konon menurut cerita masyarakat, pada saat-saat tertentu akan terlihat rusa putih yang sedang minum dan mandi di air terjun tersebut. Warna putih yang dimiliki air berasal dari camuran belerang dari gunung rinjani yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Baca juga: 9 Gili di Lombok Paling Populer yang Menawarkan Sejuta Pesona

Nah, itulah diatas 7 tempat wisata di Lombok yang penuh dengan mitos dan sekaligus menawarkan pesona pemandangan yang mempesona. Semoga bermanfaat.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *