6 Tanjung Eksotis Nan Mempesona di Pulau Lombok

Tak hanya Gili (pulau kecil) saja yang terkenal di pulau Lombok, beberapa Tanjung yang tersebar di pulau Lombok juga bisa menjadi tujuan berlibur yang mengasyikkan. Banyak sekali keindahan dan panorama yang ditawarkan. Jadi tak heran jika sekarang ini wisata Tanjung mulai populer di Lombok dan di buru banyak wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Nah, buat anda yang belum familiar dengan Tanjung mana saja yang menarik untuk dikunjungi selama di Lombok, berikut kami bagikan beberapa referensi untuk Anda.

Destinasi Wiasata Tanjung Di Lombok yang Menawarkan Sejuta Pesona

  1. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berada di kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tanjung ini terkenal karena memberikan pemandangan sunrise yang sangat indah. Tidak heran jika banyak para traveler menghabiskan waktunya untuk menginap disana sambil menanti datangnya sunrise. Selain sunrise, pemandangan Gunung RInjani dan pulau Sumbawa beguitu eksotis  dari seberang pantai. Jika anda menginginkan pemandangan yang lebih bagus, naiklah keatas bukit. Disana anda akan dimanjakan oleh birunya lautan dan beberapa tebing curam yang mengelilingi Tanjung Ringgit.

  1. Tanjung Aan

Tanjung Aan terletak di sebelah pantai Kuta yang ada di kabupaten Lombok Selatan. Tekstur pasirnya yang khas yaitu seperti merica dapat kita rasakan hingga bibir pantai. Panorama yang disuguhkan sangat disayangkan bila dilewatkan karena beberapa momen seperti sunrise akan terlihat sangat indah dari tanjung aan. Jika anda tertarik untuk melihat pemandangan tanjung secara keseluruhan, anda dapat naik ke atas bukit dengan membayar Rp. 2 ribu per orang. Pengunjung di tanjung aan memang tidak sebanyak di pantai kuta Lombok, oleh karnanya lingkungan masih terjaga.

  1. Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang tempat/habitatnya di sekitar tebing yang berada di sepanjang garis pantai. Keindahan lain yang ditawarkan oleh tanjung ini adalah karena terdapat 2 tebing batu padas yang mengapit pantai. Pada salah satu bagian tebing sebelah kiri berbentuk seperti kue bakpao, sedangkan tebing bagian kanan berbentuk tidak beraturan dan lebih menjorok kearah pantai. Anda dapat menikmati pemandangan tanjung secara keseluruhan dengan menaiki bukit yang terletak di sebelah barat pantai tanjung bloam.

  1. Tanjung Cina

Tanjung Cina terletak di desa Pemokong, kecamatan Jerowaru. Tanjung ini berdekatan dengan tanjung Perak. Jika anda tergolong traveler yang menyukai petualangan dan fotografi, sangat wajib mendatangi tanjung Cina karena terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto. Selain itu terdapat dataran tinggi dan sejenis perbukitan yang memiliki tebing yang curam. Tanjung Cina juga terkenal karena memiliki pemandangan sunset yang bagus. Untuk mengambil foto yang paling baik, anda dapat menaiki bukit di sekitar pantai. Jika cuaca sedang cerah, anda juga dapat menikmati pemandangan laut dengan tebing yang mengelilinya. Tak hanya itu, pemandangan Samudra Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berupa laut lepas dapat anda nikmati di Tanjung Cina.

  1. Tanjung Luar

Tanjung Luar terletak di kabupaten Lombok Timur dan terkenal karena pelabuhannya. Pelabuhan di Tanjung Luar merupakan tempat pelelangan ikan terbesar dipulau Lombok. Setiap paginya anda akan menjumpai nelayan yang sedang menurunkan hasil tangkapannya. Anda juga  akan menjumpai berbagai macam ikan laut, mulai dari yang kecil hingga yang besar dan tergolong ganas, ikan hiu misalnya. Ikan hiu yang diperdagangkan merupakan hasil tangkapan nelayan setempat yang memang khusus menangkap hiu. Terdapat 40 kapal yang bekerja menangkap hiu. Jenis ikan hiu yang sering di tangkap para nelayan yaitu hiu loreng, hiu kejen, hiu lonjor, dan hiu tikus.

  1. Tanjung Perak

Tidak berbeda dengan tanjung Cina karena lokasinya yang sama dan berdekatan. Pemandangan Samudera Hindia yang ditawarkan juga tidak kalah indah dari tanjung Cina. Pasirnya yang putih dan banyak tebing curam di sekitar pantai menambah indah pemandangan disana. Dan dengan semua pesonanya tersebut, tak heran jika Tanjung ini tak pernah sepi dari wisatawan.

Nah itu dia di atas 6 tanjung mempesona yang bisa anda jadikan tujuan berlibur selama di pulau Lombok.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *