Inilah 12 Tempat Wisata Terfavorit di Banten Yang Wajib Anda Kunjungi

Provinsi Banten merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Banten memang terkenal dengan Selat Sundanya, sehingga tidak heran jika dahulu Banten merupakan kota pelabuhan terbesar di Pulau Jawa. Dan bukan hanya sebagai kota pelabungan, nyatanya banten juga memiliki alam yang indah, yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata.

Tempat Wisata Terfavorit Di Banten

Jika Anda masyarakat Ibu kota, dan ingin menenangkan diri selama liburan, maka anda bisa berkunjung ke Provinsi Banten. Nah, berikut kami akan rekomendasikan  12 Tempat wisata terfavorit di Banten yang bisa Anda jelajahi selama di sana.

  1. Pantai Anyer

Obyek wisata pantai Anyer berada di Kecamatan Anyer Kota Serang Provinsi Banten. Pantai ini memang menjadi lokasi wisata terfavorit di Banten. Setiap akhir pekan atau musim liburan, banyak wisatawan dari Kota Jakarta dan sekitarnya memenuhi pantai sepanjang hari.

Di sini Anda bisa bermain pasir, berenang, berjemur, hingga menyantap aneka kuliner lezat di tepi pantai. Jika ingin menginap ada banyak sekali hotel yang tersedia.

  1. Pantai Tanjung Lesung Banten

Pantai ini berlokasi di Pedeglang Banten atau sekitar 110 km dari Ibukota Jakarta. Pantai ini memiliki area yang lumayan luas, yaitu sekitar 1500 hektar termasuk fasilita yang tersedia di dalamnya.

Di pantai ini Anda bisa snorkeling dengan teman-teman, namun Anda harus berhati-hati karena ombaknya yang lumayan tinggi.

  1. Gunung Krakatau

Jika Anda seorang pecinta gunung, tentu saja anda gemar mendaki gunung bukan? Jika Anda di Banten, Gunung Krakatau bisa menjawab hobi Anda. Saat ini gunung ini cukup aman untuk di daki. Tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan berdoa.

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

Lokasi ini sangat cocok untuk berlibur dengan buah hati Anda. Di sini Anda bisa melihat badak bercula satu yang masuk ke dalam kategori hewan yang hampir punah.

Selama di sini, Anda bisa melakukan pendakian, berkemah, hingga berkeliling sepuasnya. Sebenarnya Taman Wisata Ujung Kulon mencakup beberapa pulau di Banten sekaligus.

  1. Kampung Baduy

Dari namanya saja sudah diketahui jika kampung ini didiami oleh Orang Baduy. Kampung adat ini terletak jauh ke pedalaman Banten. Masyarakat Baduy masih sangat kental dalam menjaga adat istiadatnya.

Jika Anda ingin berkunjung, mungkin anda bisa ke Kampung Baduy luar di mana mereka menerima peradaban. Sedangkan Kampung Baduy dalam sangat menolak keras akan kedatagan wisatawan.

  1. Pulau Umang

Jika Anda sangat penat dan ingin mencari ketenangan, Pulau Umang jawabannya. Pulau ini terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Lesung. Luasnya yang mencapai 5 hektar dan fasilitas lengkapnya mampu membuat Anda betah di sini.

  1. Pantai Sawarna

Pantai sawarna ini memang belum terkenal seperti Pantai Anyer karena masih tergolong pantai baru dan belum banyak di eksploitasi. Pantai ini berlokasi didaerah Rangkasbitung. Ombaknya yang cukup tinggi sering dimanfaatkan wisatawan luar untuk berselancar.

  1. Pulau Dua Atau Pulau Burung

Bagi Anda pecinta fauna terutama burung, pulau ini pasti menjadi pulau yang ideal untuk Anda. Lokasinya yang berada di lepas pantai Banten. Pulau ini adalah cagar alam yang dihuni oleh ratusan jenis burung dari seluruh benua.

Saat bulan April sampai Agustus Anda bisa berkunjung kesini karena dimulai siklus migarsi seluruh burung-burung di dunia sehingga bisa diamati.

  1. Rawa Dono

Wisata ini terletak hampir 100 KM dari Kota Serang,  Provinsi Banten. Konon dahulu Rawa Dono adalah gunung purba yang aktif, namun sekarang sudah mati sehingga berubah menjadi danau yang besar dan rawa.

Lingkunganya yang masih hiju dan asri, sangat cocok bagi Anda yang suka berjelajah dengan perahu atau sampan.

  1. Pantai Carita

Pantai ini merupakan pantai lain di Banten yang tidak kalah terkenalnya dengan Pantai Anyer. Lakasinya pun sama-sama di Kecamatan Padeglang Kota Serang. Uniknya, di Pantai Carita ini Anda bisa melihat Gunung Krakatau secara langsung.

  1. Masjid Agung Banten

Bagi anda yang merupakan umat muslim, Masjid Agung Banten sangat dianjurkan untuk didatangi. Hingga saat ini Masjid Agung Banten sudah berusia sangat tua yaitu sekitar 449 tahun.

  1. Danau Tasikardi

Dahulu danau ini merupakan tempat rekreasi bagi Sultan Banten, namun sekrang sudah dibuka untuk umum. Danau ini berjarak sekitar 6 km dari Kota Serang.

Baca juga: Inilah 10 Lokasi Wisata Terfavorit di Yogyakarta

Bagaimana? Menarik sekali bukan? Itulah diatas 12 Tempat wisata terfavorit di Banten. Mana yang paling anda favoritkan?

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *