Inilah 10 Lokasi Wisata Terfavorit di Yogyakarta

Selain dijuluki Kota Pelajar, ternyata Yogyakarta juga dijuluki Sebagai Kota Pariwisata. Maka jangan heran, jika musim liburan telah tiba baik itu short weekend atau pun long weekend Yogyakarta tetap ramai dengan wisatawannya.

Daftar Lokasi Wisata Terfavorit di Yogyakarta

Jika Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta maka Anda harus mengunjungi setiap destinasi wisatanya. Setidaknya anda harus mengunjungi 10 lokasi wisata terfavorit di Yogyakarta berikut ini. Nah, kira-kira mana sajakah obyek wisata yang dimaksud?

  1. Malioboro

Pasti Anda sangat kenal dengan destinasi wisata ini bukan? Yup, tak salah memangi, Malioboro adalah surganya bagi wisatawan-wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh. Namun tidak hanya oleh-oleh, Malioboro juga terdapat kafe, mall, toko makanan, toko baju, supermarket, hingga pasar.

Malioboro terletak di sekitar 0 KM, berdekatan langsung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Jadi jika anda datang ke Yogyakarta menggunakan kereta, maka Anda bisa langsung berjalan kaki ke Malioboro untuk berbelanja atau sekedar windiw shopping.

  1. Benteng Vredenburg

Selain pusat perbelanjaan, di Yogyakarta juga terdapat sebuah benteng bekas penjajahan Belanda. Gaya bangunannya sangat mirip dengan bangunan Belanda pada zaman kuno. Jika Anda sedang berjalan di Jalan Malioboro, maka Anda tinggal berjalan terus ke selatan kira-kira 750 meter. Di samping kiri jalan akan terlihat sebuah gerbang putir besar yang masuk ke dalam.

  1. Keraton Yogyakarta

Masih di sekitaran Malioboro. Jika Anda masih di daerah ini, Anda hanya tinggal berjalan berjalan lurus terus ke arah selatan maka anda akan menemukan Alun-Alun Utara Keraton beserta Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Objek wisata yang bisa Anda kunjungi jika berada di keraton adalah pendopo kraton. Anda akan bisa melihat berbagai peninggalan sultan-sultan pada zaman dahulu. Namun jika Anda belum tahu apa-apa, di sini telah di sediakan guide lokal.

  1. Tugu Jogja

Lokasi ini menjadi lokasi utama jika anda berkunjung di Yogyakarta. Selain menjadi icon dari Yogyakarta, tugu jogja sebenarnya berada di jantung Kota Yogyakarta dan masih satu garis lurus dengan Keraton dan Malioboro.

Di sini, Anda bisa melihat keramaian penduduk Kota Yogyakarta. Saat sore hingga malam tiba, lokasi ini sangt penuh oleh anak muda yang ingin sekedar nongkrog atau berfoto-foto ria.

  1. Wisata Air Taman Sari

Sebenarnya, lokasi ini juga masih berada di satu garis dengan keraton. Lokasinya yang berada di tepat sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Untuk masuk ke dalam lokasi ini Anda akan di kenai biaya htm sebesar 8000/ orang.

Di sini, Anda bisa melihat pemandian Raja-Raja Jawa pada zaman dahulu. Di Taman Sari juga ada bangunan air di bawah tanah, namun Anda harus membayar lagi untuk memasukinya.

  1. Candi Prambanan

Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupakan candi yang satu ini. Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Provinsi DIY. Lokasi ini sangat dekat dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Seperti yang kita tahu, Candi Prambanan adalah kompleks Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis ini terletak di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Di sini anda bisa menikmati putihnya pasir dan menikmati sunset yang begitu indah dengan sang kekasih sambil menaiki delman di pinggir pantai.

  1. Pantai di Gunungkidul

Jika Anda ingin ke pantai yang masih sepi dan alami di Yogyakarta, maka Kabupaten Gunungkidul adalah jawabannya. Gunungkidul atau hidden paradise of jogja memiliki lebih dari 200 pantai baru yang masih sangat alami.

  1. Kawasan Wisata Merapi

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Merapi ? Gunung vuklkanik aktif ini memang menjadi destinasi wisata tersendiri. Kawasan wisata Gunung Merapi sangat dekat dengan Wisata Kaliurang serta Museum Gunung Merapi. Suasanannya yang sepi dan sejuk semakin menambah keheningan alami di lokasi ini.

  1. Desa Wisata Kalibiru

Lokasi ini berada di Desa Kalibiru Kabupaten Kulonprogo. Di Kalibiru ini, Anda bisa melihat pemandangan yang begitu eksotis. Anda bisa melihat birunya Waduk Sermo dari ketinggian. Di Kalibiru ini, Anda juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga atau pacar dengan background yang sangat cantik.

Nah, itulah diatas 10 lokasi wisata terfavorit di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi, khususnya bagi anda yang bingung menentukan tujuan berlibur selama di Jogja.

About the Author: Ahmad Hazim

Hanya seorang pembuat blog sederhana, pecinta keindahan alam dan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan....

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *